Gandeng Mahasiswa KKN, Polsek Kandis Berikan Penyuluhan Hukum Terhadap Generasi Muda

Selasa, 09 Agustus 2022

Polsek Kandis bersama Mahasiswa KKN (Kuliah Kerja Nyata) Universitas Riau, memberikan sosialisasi hukum kepada generasi muda di kampung Libo Jaya. (Foto: Rizal Iqbal)

SIAK, Riautribune.com - Dalam rangka meningkatkan kesadaran hukum pada generasi muda, Polsek Kandis bersama Mahasiswa KKN (Kuliah Kerja Nyata) Universitas Riau, memberikan sosialisasi hukum kepada generasi muda di kampung Libo Jaya, Kecamatan Kandis, Kabupaten Siak, Riau, Selasa 9 Agustus 2022.

Kegiatan ini dalam rangka menjalin sinergitas antara Polri dengan masyarakat dengan memberikan sebuah edukasi kongkrit, yang langsung diberikan kepada generasi muda agar kesadaran dan pengetahuan tentang Hukum di Negara Indonesia benar-benar dapat di pahami oleh masyarakat.

"Sosialisasi hukum ini sangat perlu kita giatkan, khususnya bagi masyarakat tingkat kampung, seperti Kampung Libo Jaya ini, karena setidaknya dapat menekan pelanggaran hukum di masyarakat demi terciptanya Keamanan dan ketertiban bersama,” ungkap Kapolsek Kandis Kompol Bambang Hariayanto MH melalui Bripka Simon H Pakpahan.

Dalam kegiatan sosialisasi hukum itu, juga tampak Polsek Kandis bersama Mahasiswa KKN Universitas Riau bersama masyarakat bersama -sama gotong royong membuat taman TOGA (Tanaman Obat Keluarga) di Pustu Kampung Libo Jaya.

"Toga yang kami buat ini dengan memanfaatkan pekarangan rumah warga, dimana tanaman ini sangat berguna dan berkhasiat sebagai obat herbal yang dapat di budidayakan dengan lahan terbatas sehingga lebih efektif dan dapat di gunakan langsung oleh warga," terang Welly Frans Siahaan selaku Ketua Tim Kukerta KKN.

Sementara itu, Kapolsek Kandis Kompol Bambang Hariayanto MH mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu bentuk pengabdian langsung dari Polri kepada masyarakat untuk tetap menjalin sinergitas positif demi menegakkan Polri yang presisi dan juga merupakan bentuk tugas Polri sebagai Pelindung, Pengayom dan Pelayan masyarakat.

"Pemahaman hukum saat ini harus dipahami oleh seluruh kalangan. Bukan hanya masyarakat diperkotaan. Maka dari itu kami hadir untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat. Selain itu kami juga siap untuk melayani dan mengayomi masyarakat, bersama rakyat Polri kuat," sebutnya.

Pimpinan kepolisian wilayah hukum Kecamatan Kandis Itu pun berharap, kegiatan serupa juga dapat dilakukan di seluruh kampung (desa) Se Kecamatan Kandis, demi terwujudnya pemahaman hukum oleh masyarakat serta sinergitas Polri dengan masyarakat dalam membangun daerah yang taat akan hukum.

"Semoga ini dapat menjadi triger/pemicu bagi Bhabinkamtibmas dikampung lainnya, tentunya untuk melakukan kegiatan-kegiatan positif di wilayahnya masing-masing sembari membawa pesan Kamtibmas agar Polri semakin dekat dan di terima di masyarakat”, tutupnya.

Kegiatan itu juga tampak dihadiri oleh Penghulu Kampung Libo Jaya Tengku Zulkifli, Tokoh Masyarakat, tokoh Pemuda dan Masyarakat Kampung Libo jaya. (Rizal Iqbal)