SDM Terdidik Kunci Sukses Bengkalis

Senin, 30 Mei 2016

Pelaksana Tugas Asisten Tata Praja Hj Umi Kalsum dan istri Wakil Bupati Bengkalis Hj Lindawati Muhammad mengikuti senam sehat di lapangan Tugu Bengkalis, Minggu (29/5).

BENGKALIS-riautribune: Bupati Bengkalis Amril Mukminin diwakili Pelaksana Tugas Asisten Tata Praja Hj Umi Kalsum mengatakan, sumber daya manusia (SDM) yang terdidik dan tercerahkan adalah kunci kemajuan daerah.

Segala capaian yang kita raih sebagai individu maupun sebagai daerah secara kolektif, tentu tak lepas dari persinggungan dengan tinggi rendahnya kualitas SDM dimaksud.

"Tentunya hal ini tidak bisa dilepaskan dengan kualitas pendidikan. Karena bidang pendidikan ini tetap menjadi prioritas pembangunan di daerah ini. Bukan saja masa kini, tetapi juga ke depannya," jelasnya.

Umi Kalsum mengatakan itu, usai mengikuti kegiatan senam sehat yang diikuti  sekitar 5000 yang ditaja untuk memeriahkan Hari Pendidikan Nasional tingkat Kabupaten Bengkalis tahun 2016. Senam yang diikuti ribuan peserta itu dilaksanakan di lapangan Tugu Bengkalis, Minggu (29/5) pagi.

Masih kata Umi Kalsum, ada tiga unsur yang harus dipenuhi agar SDM itu dikatakan berkualitas. Yaitu berakhlak yang baik, mempunyai keahlian serta mempunyai kekuatan fisik.

Akhlak yang baik, katanya, dapat mendasari segala tingkah laku manusia untuk senantiasa melakukan yang  terbaik, jujur, adil, serta berusaha untuk  tidak merugikan orang lain dan dirinya sendiri. Sehingga keberadaannya akan selalu berguna dan tidak sia-sia.

Sedangkan dengan keahlian, seseorang akan dapat menyelesaikan pekerjaannya sesuai dengan target yang telah ditentukan, baik dalam segi waktu maupun kualitas. Jadi, manusia yang mempunyai keahlian akan sangat berguna untuk dapat menghasilkan barang dan jasa yang berkualitas.

"Sementara kekuatan fisik yang prima, akan sangat berguna jika diarahkan pada hal-hal yang positif," kata Umi Kalsum.

Umi Kalsum menyambut baik ditaja senam tersebut. Melalui senam, imbuhnya, bukan hanya berpengaruh dalam pembentukan kekuatan fisik dalam pengertian menjadi tubuh yang sehat, tetapi juga menjadi jiwa yang sehat.

"Mens sana in corpore sano. Di dalam tubuh yang kuat terdapat jiwa yang sehat", ujar perempuan berkerudung dan berkacamata.

Masih kata Umi Kalsum, untuk mendapatkan tubuh yang kuat dan sehat kita perlu berolahraga. Bila badan kuat dan sehat, maka jiwa pun sehat. Kalau jiwa sehat, pikiran pun jernih. Tapi kalau jiwa sakit, pikiran jernih pun terbang, logika menghilang.

"Fisik dan mental yang kuat, jasmani dan rohani yang sehat, akan menghasilkan individu-individu tangguh, dan muaranya adalah sebuah daerah yang hebat dan diperhitungkan," pungkas Umi Kalsum.

Selain istri Wakil Bupati Bengkalis Hj Lindawati Muhammad, ikut membaur besama masyarakat mengikuti senam tersebut, diantaranya, Pelaksana Tugas Asisten Administrai Umum H Hermanto Baran, Kepala Badan Lingkungan Hidup H Arman AA, dan Staf Ahli Bupati Bengkalis Haholongan.(ehm)