Pj Wako Pekanbaru Himbau Kepala OPD beri Sosialisasi dan Edukasi Warga Untuk Cinta Lingkungan

Jumat, 05 Agustus 2022

PEKANBARU, Riautribune.com - Menanggapi keluhan warga yang disampaikan kepada Pemerintah kota (Pemko) Pekanbaru melalui pemberitaan di beberapa media, Muflihun selaku Pj Walikota Pekanbaru bergerak cepat dalam menyikapinya.

Mengajak beberapa Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di kota Pekanbaru, Muflihun meminta kepada masing-masing pihak terkait untuk turut turun mengedukasi warga kota guna mengatasi persoalan tersebut.

Hal tersebut seperti yang disampaikan Pj Walikota melalui Kadis PUPR kota Pekanbaru, Indra Pomi Nasution, saat ditemui Riautribune di ruang kerjanya, pada Jumat (5/8/2022).

"Walikota memerintahkan kita untuk mengatasi permasalahan banjir yang sering terjadi di Pekanbaru belakangan ini," ucap Indra Pomi.

"Kita juga berkoordinasi bersama Kodim Wira Bima 0301, untuk membantu kita dalam mengedukasi dan mengamankan proses penanganan banjir ini," jelasnya.

Untuk upaya penanggulangan banjir, Indra menjelaskan bahwa pihaknya bersama pasukan kuning saat ini secara bertahap melakukan pembersihan di beberapa lokasi.

"Seperti di jalan Arifin Ahmad (Pekanbaru), kita menurunkan pasukan kuning dan menggunakan dua alat berat untuk menggali sedimen yang mengendap di parit dan gorong-gorong," papar Indra.

Indra juga menjelaskan bahwa Walikota Pekanbaru, dalam surat yang dikirimkan kepada beberapa kepala OPD, meminta agar pihak yang ditunjuknya untuk melakukan proses penanganan permasalahan yang acap kali melanda kota Pekanbaru.

"Untuk proses ini sebenarnya sudah kita lakukan bersama, terlebih lagi setelah Walikota meminta kita (beberapa kepala OPD) untuk menanganinya," kata Indra Pomi.

"Kita juga mengedukasi warga dengan sosialisasi lewat Camat, RW dan RT untuk mengajak warga melakukan gotong royong dilingkungan masing-masing," lanjutnya.

Berdasarkan penuturan Indra, Pj Walikota meminta seluruh aparat yang berada di bawah naungannya untuk bermasyarakat dan bekerjasama di setiap lingkungan masing-masing.

"Ada beberapa cara, yang pertama tadi adalah bergotong royong, kemudian membiasakan diri untuk tidak membuang sampah sembarangan, menyediakan wadah sampah untuk penampungan sementara," jelas Indra mengulang penyampaian Pj Walikota Pekanbaru.

"Termasuk juga kita akan mengupayakan perangkap sampah di gorong-gorong agar tidak menyebabkan timbunan sampah yang berakibat banjir. Kita juga sedang menerapkan pembuatan biopori dan beberapa upaya lainnya," jelas Indra menutup. (Reynold)