Skenario Indonesia Lolos Semifinal Piala AFF U-16 2022

Kamis, 04 Agustus 2022

JAKARTA, Riautribune.com - Sejumlah jalan bisa ditempuh Timnas Indonesia U-16 untuk lolos ke semifinal Piala AFF U-16 2022. Berikut skenario Indonesia lolos semifinal Piala AFF U-16.

Indonesia tinggal berhadapan dengan Vietnam pada pertandingan terakhir Grup A Piala AFF U-16 2022. Saat ini Indonesia dan Vietnam sama-sama mengoleksi enam poin dari dua pertandingan.

Tim Merah Putih menempati posisi puncak klasemen karena unggul selisih gol atas Vietnam. Tim asuhan Bima Sakti itu di puncak klasemen usai menang telak 9-0 atas Singapura pada laga kedua, Rabu (3/8).

Gol-gol Garuda Asia ke gawang Singapura tersebut dicetak Nabil Asyura yang mengemas hattrick, lalu Kafiatur Rizky yang mengoleksi dua gol, sisanya masing-masing satu gol dari Hanif Ramadhan, Riski Afrisal, penalti Waliy Marifat, dan I Komang Ananta Krisna.

Pada Piala AFF U-16 2022 yang memiliki tiga grup, hanya juara grup dan satu runner up terbaik yang berhak melangkah ke semifinal.

Meski demikian sejauh ini agak sulit menghitung dengan detail cara Indonesia lolos, pasalnya Grup B dan C baru melakoni satu pertandingan.

Indonesia sendiri masih menyisakan satu pertandingan lagi melawan Vietnam, Sabtu (6/8). Duel ini akan menentukan juara atau runner up Grup A.

Skenario Indonesia Lolos Semifinal Piala AFF U-16:

1. Menang

Hitung-hitungan Indonesia lolos ke semifinal Piala AFF U-16 akan lebih mudah dengan menang atas Vietnam. Dengan menang atas Vietnam Indonesia akan lolos sebagai juara Grup A.

2. Imbang

Indonesia akan tetap lolos ke semifinal meskipun imbang melawan Vietnam. Lewat hasil imbang itu, poin kedua tim akan tetap sama.

Jumlah selisih gol Indonesia dan Vietnam juga tidak akan berubah, walaupun memiliki hasil pertandingan seri. Indonesia akan tetap lolos sebagai juara grup karena memiliki selisih gol yang lebih baik atas Vietnam.

3. Kalah

Peluang Indonesia ke semifinal sekalipun kalah dari Vietnam tetap terbuka. Dengan catatan, jumlah poin dan selisih gol Indonesia harus di atas runner up dari grup lain.

Sampai dengan saat ini Vietnam menempati posisi runner up terbaik dengan mengoleksi enam poin, disusul Myanmar dari Grup C dengan tiga poin, dan Laos dari Grup B dengan satu poin.