Gunung Anak Krakatau Erupsi Ketiga Kali Hari Ini, Kolom Abu 700 Meter

Rabu, 03 Agustus 2022

JAKARTA, Riautribune.com - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melaporkan Gunung Anak Krakatau erupsi untuk ketiga kalinya pada Rabu (3/8). Erupsi tercatat pada pukul 15.40 WIB.

Erupsi dengan tinggi kolom abu teramati ±700 meter di atas puncak (±857 meter di atas permukaan laut).

"Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal ke arah barat daya," tulis PVMBG lewar akun Twitter @PVMBG, Rabu sore.

PVMBG menjelaskan erupsi ini terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 52 milimeter dan durasi 42 detik.

Atas erupsi yang terjadi hari ini, PVMBG mengeluarkan rekomendasi kepada masyarakat, pengunjung, wisatawan hingga pendaki untuk tidak mendekati Gunung Anak Krakatau.

"Tidak mendekati Gunung Anak Krakatau atau beraktivitas dalam radius 5 kilometer dari kawah aktif," kata PVMBG.

Adapun Gunung Anak Krakatau tercatat telah memuntahkan abu sebanyak tiga kali pada hari ini.

Sebelumnya, pada pukul 00:34 WIB Gunung Anak Krakatau erupsi dengan durasi sekitar 39 detik. Kolom abu teramati setinggi ±200 meter di atas puncak atau sekitar ±357 meter di atas permukaan laut. Kolom abu teramati berwarna hitam dengan intensitas tebal ke arah barat daya.

Kemudian, pada pukul 01:15 WIB erupsi kembali terjadi dengan kolom letusan setinggi ±500 meter di atas puncak atau sekitar ±657 meter di atas permukaan laut. Adapun letusan terjadi selama 52 detik dengan kolom intensitas tebal berwarna hitam mengarah ke barat daya.