Sulit Memperoleh Minyak Solar, Nelayan Bagan Hulu Datangi Rumdin Bupati Rohil

Kamis, 28 Juli 2022

Nelayan Kampung Baru Bagan Hulu terhalang petugas Satpol PP untuk menemui Bupati Rohil. (Foto: Amran)

BAGANSIAPIAPI, Riautribune.com - Setidaknya ada sepuluh keluarga nelayan dari Kampung Baru, Kelurahan Bagan Hulu, Kecamatan Bangko, mendatangi rumah dinas Bupati Rohil Afrizal Sintong, di Jalan Perwira, Bagansiapiapi, Kamis (28/7/2022). 

Kedatangan para nelayan tersebut untuk menemui Bupati Rohil Afrizal Sintong, namun  terganjal oleh petugas jaga Satpol PP.  Beberapa ibu-ibu nelayan datang membawa anak-anak balita. 

"Kami datang bermaksud menyampaikan kesulitan kami, nelayan Kampung Baru, Bagan Hulu dalam memperoleh minyak solar," kata Sahoroh, nelayan Bagan Hulu tersebut kepada riautribune.com. 

Kata Sahoroh, mereka hanya dapat memperoleh minyak solar. Padahal, sebutnya, kebutuhan minyak solar mencapai dua jeriken tiap berangkat melaut. 

"Kami sulit memperoleh solar di SPBU. Padahal yang beli solar sampai 30 jeriken di SPBU banyak. Tapi kami kenapa bisa sulit membeli di SPBU. Kalaupun dapat hanya diperbolehkan beli satu jeriken," ujarnya. 

Beberapa nelayan lainnya mengatakan mereka memang mendapatkan rekomendasi satu kali satu minggu untuk membeli minyak solar di SPBU milik BUMD Pemkab Rohil tersebut, dari Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP). 

Rekomensasi  dari DKP Rohil, yang kini mengurus minyak untuk nelayan memperoleh minyak solar di SPBU PT Sarana Pembangunan Rohil (SPR) itu, hanya satu kali satu minggu, sesuai dengan kebutuhan nelayan bersangkutan. 

"Rekomendasi itu hanya satu minggu sekali keluarnya, dan hanya berlaku satu kali pembelian. Padahal kami pergi mencari ikan itu bisa 3-4 kali dalam satu minggu," kata nelayan lainnya. (Amran)