Gubernur Riau H Syamsuar Melepas Pawai Ta'ruf MTQ XL Riau 2022

Senin, 25 Juli 2022

Gubernur Riau H Syamsuar, didampingi Bupati Rohil Afrizal Sintong melepas peserta Pawai Ta'ruf MTQ XL Riau 2022. f-amran

BAGANSIAPIAPI, Riautribune.com - Gubernur Riau H Syamsuar, beserta istri, didampingi Bupati Rohil Afrizal Sintong, dan Wabup Rohil  H Sulaiman melepas Pawai Ta'ruf Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XL Provinsi Riau 2022, di Bagansiapiapi  Minggu (24/7/2022). 

Puluhan ribu masyarakat dari Rohil, serta dari dari kabupaten dan kota di Riau, memadati rute pawai, di Jalan Lintas Bagansiapapi, sepanjang lebih kurang satu kilo meter, dari titik star di depan Taman Budaya, Batu Enam. 

Pawai ta'ruf itu diikuti 12 kafilah dari Kabupaten dan Kota di Provinsi Riau. Masing-masing kafilah membawa dan menampilkan kekayaan religi, dan budaya sesuai dengan karakteriatik daerahnya. 

Gubernur Riau H Syamsuar, menyampaikan apresiasi atas terselengaranya MTQ XL Riau 2022, serta keikutsertaan kabupaten dan kota dalam perhelatan tersebut. Apa lagi, jelas Gubernur, prnyelengaraan MTQ Riau sempat dua tahun tidak diselengarakan disebabkan wabah corona virus. 

"Pawai ta’ruf merupakan tradisi masyarakat Riau dalam menyambut pelaksanaan MTQ. Tentunya  kita berharap dengan pelepasan peserta pawai ta'uf  tadi, MTQ Riau ini berjalan lancar dan sukses," kata Gubri H Syamsuar. 

Bupati Rohil Afrizal Sintong mengatakan  pawai ta'ruf merupakan rangkaian dari MTQ XL Riau 2022. Bupati mengatakan pawai ta'ruf tidak saja melihat potensi daerah-daerah peserta. 

"Pawai ta'ruf ini juga sebagai ajang silaturahmi antar kafilah, dan merupakan  syiar Agama Islam," kata Bupati Afrizal Sintong. 

Bupati Afrizal Sintong, yang saat itu didampingi Wabup H Sulaiman, menyampaikan terimakasih kepada seluruh panitia daerah dan provinsi, yang telah bekerja menyiapkan dan mensukseskan perhelatan MTQ XL Riau 2022. 

"Kami juga atas nama Pemerintah dan masyarakat Rohil, juga menyampaikan terimakasih kepada seluruh qori-qoriah dan kafilah yang telah hadir dalam pelaksanaan MTQ XL Provinsi Riau 2022 di Bagansiapiapi," jelas Bupati. (amran)