Distankan Pekanbaru Bakal Suntik Vaksin PMK Ratusan Hewan Ternak Pekan Depan

Ahad, 24 Juli 2022

PEKANBARU, Riautribune.com - Ratusan hewan ternak di Kota Pekanbaru kembali mendapat suntikan vaksin Penyakit Mulut dan Kuku (MPK) pada pekan depan. Mereka mendapat suntikan lanjutan setelah memperoleh suntikan vaksin PMK pada bulan lalu.

"Minggu depan kita lakukan suntik lanjutan, kita menyasar hewan ternak yang sudah disuntik pada bulan lalu," papar Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan (Distakan) Kota Pekanbaru melalui Kepala Bidang Peternakan, Herlandria, Sabtu (23/7).

Adanya vaksinasi lanjutan ini sebagai booster vaksinasi sebelumnya. Pihaknya juga memberi suntikan vaksin kepada hewan ternak yang belum mendapat suntikan vaksin PMK.

Dirinya menyadari jumlah dosis vaksin PMK bagi hewan ternak masih terbatas. Ia menyebut bahwa vaksin tahap pertama hanya tersedia bagi 223 ekor hewan ternak yang menyebar di beberapa lokasi.

Sedangkan tahap kedua nantinya dosis yang tersedia untuk suntik vaksin lanjutan. Ada juga untuk hewan ternak yang sama sekali belum mendapat suntikan vaksin.

Mereka rencananya mendapat pasokan tambahan sebanyak 500 dosis. Sebanyak 223 dosis nantinya untuk vaksin 0lanjutan.

"Lalu untuk vaksin baru sesuai ketersediaan, ya berkisar 277 dosis vaksin," paparnya.

Pihaknya memastikan hingga saat ini tidak ada kasus PMK di Kota Pekanbaru. Mereka tetap melakukan pemantauan di sejumlah lokasi peternakan sapi yang ada.

"Kita juga siap datang ke lokasi peternakan, bila memang ditemukan hewan ternak terindikasi PMK," jelasnya.