Bupati dan Wabup Rohil Deklarasi Aksi Percepatan Penurunan Stunting

Selasa, 19 Juli 2022

BAGANSIAPIAPI, Riautribune.com - Bupati Rokan Hilir (Rohil) Afrizal Sintong SIp, Wabup Rohil H Sulaiman, Ketua TP PKK Rohil Sanimar Afrizal, dan Wakil Ketua TP PKK Rohil Hj Sari Eka Rahmi, menandatangani komitmen Percepatan Penurunan Stunting di Kabupaten Rohil, Senin (4/7/2022) di Hotel Armarosa, Batu Lima. 

Turut serta Plt Dinas Kesehatan Afridah S.Km, Kodim 0321 Rohil, Kepolisian, Kejaksaan Rohil, seluruh Kepala Dinas, Kepala Puskesmas se Rohil, seluruh Camat dan beberapa kepenghuluan yang menjadi Lokus Penanganan Stunting Tahun 2022.

Bupati Rohil Afrizal Sintong mengatakan penandatanganan deklarasi, diacara Rembuk Sunting, sebagai bentuk komitmen dan kesepakatan, serta aksi bersama mendukung percepatan penurunan angka stunting di Kabupaten Rohil.

"Rembuk stanting ini untuk memastikan sebagai bentuk deklarasikan komitmen Pemda dalam menangani stunting, menjadi ajang pembelajaran yang dapat memotivasi Pemda Rohil dan jajaran untuk meningkatkan kinerjanya dalam penanganan stunting," kata Bupati Afrizal Sintong.

Bupati Afrizal Sintong mengaku optimis kedepannya tingkat stunting bagi anak yang terjadi di wilayah Rohil bisa mengalami penurunan. 

"Insya Allah, saya yakin jika kita semua mulai dari datuk penghulu, pihak posyandu, kepala puskesmas, camat, dinkes dan sebagainya saling bekerja keras untuk kpenurunan stunting, maka kedepan kasus stunting yang terjadi tentu menurun," kata Bupati Afrizal Sintong, didampingi Wabup H Sulaiman.

Menurut Bupati Afrizal Sintong perhatian stunting pada anak tidak saja kepada anak-anak yang telah lahir, namun bisa dimulai dengan memperhatikan terpenuhinya kebutuhan gizi yang baik untuk  ibu hamil (bumil).

"Berikan perhatian yang baik, dan itu menjadi tugas kita bersama. Harus diperhatikan, bagaimana puskesmas, posyandu sebagai yang terdekat bisa memantau, dan memberikan laporan mengenai angka stunting yang terjadi di setiap wilayahnya," kata Bupati. 

Sehingga diyakini Bupati Afrizal, kalau bekerja sama, saling bekerja keras, maka angka penurunan stunting terjadi. Apalagi baru-baru ini, sebut Bupati, pada saat menghadiri kegiatan tingkat Propinsi Riau, juga diketahui angka stunting di Rohil telah menurun walaupun masih dalam jumlah kecil.

"Persoalan stunting ini harus kita dukung, begitu juga setiap sosialisasi perlu dilakukan lebih gencar lagi sampai ke tingkat kepenghuluan yang ada di Rohil," katanya. (advertorial pemkab rohil)