Kenaikan Pangkat Personel Polda Riau Jadi Kado Terindah di Tengah Misi Perdamaian

Senin, 18 Juli 2022

BANGUI ( AFRIKA), Riautribune.com - Dihari Ulang Tahun Bhayangkara ke 76 tahun 2022 yang jatuh pada 1 Juli 2022 lalu, menjadi hari yang sangat spesial bagi seluruh personel kepolisian republik Indonesia.

Tidak terkecuali bagi personel Pasukan Garuda Bhayangkara Formed Police Unit (FPU) 3 United Nations Multidimensional Integrated Stabilization Mission In The Central Africa Republic (Minusca) Indonesia, yang menjalankan tugas misi perdamaian dunia di Afrika Tengah.

Dihari ulang tahun korp Kepolisian itu,  5 orang anggota pasukan Garuda FPU 3 mendapatkan kenaikan pangkat satu tingkat ditengah perjalanan tugas tersebut.

Salah satunya Bripka Bonike Manurung, yang merupakan personel Polresta Pekanbaru yang mendapatkan kepercayaan untuk misi dunia sebagai Satgas FPU di Sudan. Dan dirinya merupakan satu-satunya anggota polri dari Polda Riau yang mendapatkan kenaikan pangkat satu tingkat di hari Bhayangkara ke 76.

Pria kelahiran Pekanbaru itu mengaku merasa bahagia dan haru saat menerima kenaikan pangkat ditengah misi perdamaian di Afrika Tengah itu.

"Sangat bersyukur dan saya bangga dapat melaksanakan korp raport di daerah misi ini, apalagi nama institusi polri turut andil pada misi PBB ini," sebut Bripka Bonike Manurung saat berbincang melalui sambungan telpon langsung dengan Riautribune.com, Rabu 6 Juli 2022.

Pria yang kerap disapa Boni itu pun mengatakan, tidak semua anggota kepolisian bisa mendapatkan kesan seperti para prajurit pasukan Garuda FPU 3 ini, yang biasanya mendapatkan kenaikan pangkat usai melaksanakan apel dan syukuran.

"Wah, tentunya sangat berbeda, ditengah menjalankan misi, meski acara disini sangat sederhana tapi sangat berkesan mas. Kalau di Indonesia, sebelum acara korp raport ( kenaikan pangkat ), kita hanya melaksanakan apel dan syukuran. Nah, di misi ini sangat berbeda, meski kita berada di daerah rawan, kita tetap semangat melaksanakan kenaikan pangkat ini, pokonya sangat berkesanlah mas," ungkapnya.

Bintara yang baru saja menyandang pangkat AIPDA itupun berpesan kepada rekan-rekannya untuk tetap semangat menjalankan tugas dimanapun berada. 

"Untuk rekan-rekan dan adik-adik leting dimanapun berada, teruslah berjuang demi keamanan dan ketentraman bangsa, teruslah berikan yang terbaik untuk kesatuan, bangsa dan negara" pesannya.

Tak lupa iya juga mengucapkan terimakasih pada Allah SWT, (alm) Bapak, Ibu dan Bapak Kapolri, Kadiv, Karo Misinter DIVHUBINTER Polri, Kapolda Riau dan Kapolresta Pekanbaru beserta para komandan dan rekan-rekan sesama Polri.

Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal melalui Kabid Humas Polda Riau pun menyampaikan apresiasinya kepada personil Polda Riau maupun Polri lainnya atas prestasinya.

"Selamat kepada para personil yang mendapatkan kenaikan pangkat dan prestasinya, karena memiliki kelebihan hingga diberangkatkan menjalani misi dunia membawa nama harum institusi Polri terutama Polda Riau," sebut Irjen Iqbal. (Rizal Iqbal)