Kesbangpol Kota Pekanbaru Akan Tindak Tegas Ormas Tak Berizin

Senin, 18 Juli 2022

Kepala Badan Kesbangpol Pekanbaru Zulfahmi Adrian

PEKANBARU, Riautribune.com - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Pekanbaru dalam waktu dekat akan melakukan audiensi langsung ke Organisasi Masyarakat (Ormas) yang ada di Pekanbaru.

Hal tersebut disampaikan Kepala Badan Kesbangpol Pekanbaru, Zulfahmi Adrian saat ditemui pada acara Dialog Walikota bersama BEM se Riau di Rumah Singgah Tuan Kadi yang berlokasi di jalan Perdagangan kota Pekanbaru.

"Dalam waktu dekat ini kita akan lakukan pendataan dan mendatangi kantor-kantor Ormas yang belum mengurus perijinan," tegas BZ, sapaan akrab Zulfahmi kepada Riautribune pada Ahad malam, 17 Juli 2022.

"Kita akan lakukan audiensi dan juga penertiban ormas yang tidak megurus perijinan, guna menciptakan lingkungan kota Pekanbaru yang kondusif," lanjut BZ

Ia menilai, di Kota Pekanbaru banyak berdiri ormas yang mengatasnamakan yayasan hanya untuk mencari keuntungan pribadi pihak tertentu.

"Kita sudah menerima laporan warga dan mensurvey langsung, ternyata banyak berdiri (ormas), bahkan mengatasnamakan yayasan, sampai buat sekolah, pastinya sekolah swasta, tapi ini dipakai untuk mengeruk keuntungan pribadi pihak tertentu, ini yang mau kita tertibkan," ucap BZ.

"Bahkan ada juga ormas ormas yang berdiri hanya untuk menarik uang dari pihak lain seperti perusahaan, toko, warung dan lainnya. Ini kan sudah termasuk meresahkan," lanjutnya menjelaskan.

Ia mengatakan akan menindak tegas atas ormas yang belum memiliki ijin pendirian, sehingga dapat mengurangi penyakit yang meresahkan masyarakat.

"Kalau kita temukan pelanggaran, termasuk juga tidak memiliki ijin, maka kita akan tutup paksa. Agar tidak ada lagi pihak yang dirugikan," tutup BZ dengan tegas. (Reynold)