Tidak Harus Punya HP Canggih, Ini Cara Beli Pertalite dan Solar Subsidi

Ahad, 03 Juli 2022

JAKARTA, Riautribune.com - Pembelian BBM jenis Pertalite dan Solar Subsidi tidak perlu pakai HP canggih. Kamu tetap bisa membeli Pertalite dan Solar meski tidak memiliki aplikasi MyPertamina.

Pembelian bahan bakar minyak (BBM) Pertalite dan Solar subsidi akan dibatasi hanya untuk mereka yang terdaftar. Pendaftaran akan dilakukan melalui situs subsiditepat.mypertamina.id, tidak harus pakai aplikasi MyPertamina di HP. Pertamina menegaskan, transaksi tidak harus menggunakan ponsel.

Pendaftaran pembelian Pertalite dan Solar subsidi ini dilakukan untuk pencocokan data antara data yang didaftarkan dan data kendaraan yang dimiliki. Setelah statusnya terdaftar, masyarakat akan mendapatkan QR Code Unik yang akan diterima melalui email atau notifikasi di websitesubsiditepat.mypertamina.id.

QR Code itu harus ditunjukkan saat membeli Pertalite dan Solar subsidi. Tapi, nggak harus pakai HP canggih, kok. QR Code bisa diprint out dan dibawa ke SPBU, sehingga tidak wajib mendownload aplikasi MyPertamina atau membawa handphone ke SPBU.

"Kami juga tegaskan kembali, tidak wajib memiliki aplikasi MyPertamina, namun wajib mendaftar di websitesubsiditepat.mypertamina.id," kata Irto Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting dalam keterangan tertulisnya.

Apabila konsumen sudah melengkapi data diri dan kendaraan, serta mendapatkan QR Code, langkah selanjutnya ialah tinggal melakukan pengisian BBM Subsidi di SPBU. Nggak perlu HP canggih untuk pembayaran pakai aplikasi MyPertamina. Kamu bisa melakukan transaksi seperti biasa dengan uang tunai maupun non-tunai.

Begini cara bertransaksi bagi konsumen yang kendaraannya sudah terdaftar.

1. Siapkan QR Code yang telah didapatkan dari websitesubsiditepat.mypertamina.id
2. Tunjukkan QR Code tersebut kepada operator SPBU (Bisa melalui HP atau yang sudah dicetak/print out)
3. Isi Solar subsidi atau Pertalite sesuai dengan kendaraan yang berlaku
4. Lakukan pembayaran menggunakan metode tunai (cash) atau non-tunai (kartu kredit/debit).