Dipimpin Rektor Unri, 27 Mahasiswa S3 Kuliah Praktik Lapangan ke Cagar Biosfer

Ahad, 03 Juli 2022

27 mahasiswa S3 Ilmu Lingkungan Universitas Riau (UNRI) melakukan kuliah praktek lapangan ke Cagar Biosfer Giam Siak Kecil-Bukit Batu (CB GSK-BB). (Foto: Antara Riau)

BENGKALIS Riautribune.com - Dipimpin Rektor Universitas Riau (Unri) 27 mahasiswa program pasca sarjana program studi doktor (S3) Ilmu Lingkungan Universitas Riau (UNRI) dan tiga dosen pembimbing, melakukan kuliah praktek lapangan ke Cagar Biosfer Giam Siak Kecil-Bukit Batu (CB GSK-BB) di kawasan PT Sakato Pratama Makmur (SPM).

Perusahaan tersebut merupakan salah satu mitra pemasok bahan baku untuk Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas yang berlokasi di Kecamatan Bandar Laksamana Kabupaten Bengkalis, Sabtu.

Kedatangan rombongan mahasiswa S3 itu disambut oleh Kepala Humus PT SPM Joko Irwandono bersama jajaran didampingi Humas PT Arara Abadi - APP Sinar Mas Nurul Huda, Forest Sustainability & Healt, Safety Environment (FS& HSE) Head Syarif Hidayat.

Sebelum melakukan kunjungan ke lokasi Cagar Biosfer Giam Siak Kecil, rombongan mendengarkan pemaparan seputar keberadaan perusahaan dalam mengelola keberadaan cagar biosfer tersebut.

"Dengan adanya kedatangan mahasiswa S3 ini hendaknya dapat melihat langsung kondisi lapangan, dimana selama ini perusahaan sebagai pemasok kayu yang merupakan mitra dari Sinar Mas masih dituduh sebagai perusak lingkungan di Hutan Tanam Industri (HTI) yang ada di distrik kami ini," ujar Joko seperti dilansir dari Antara Riau.

Selain itu, dalam menangani kasus pembakaran lahan pihak perusahaan tetap menjaga lokasi dari pembakaran lahan dan tentunya dengan langkah menjaga cadangan air yang ada di Giam Siak Kecil ini dengan mengalokasikan areal hutan produksi perusahaan sebagai areal inti Cagar Biosfer seluas 72.255 Ha dari total areal inti 178.722 Ha.

Sementara itu, Rektor Aras Mulyadi mengatakan 27 mahasiswa dan tiga dosen pembimbing tersebut merupakan dosen yang mengajar di program S3 ilmu lingkungan, kemudian mahasiswa yang mengambil mata ajaran pengelolaan sumber daya alam, pengelolaan ekosistem lahan gambut dan keanekaragaman hayati di Cagar Biosfer itu.

"Tujuan praktik lapangan ini yakni memperkenalkan subyek yang berkaitan mata ajaran mahasiswa  dan melihat perspektif pengelolaan lingkungan lahan gambut dan keanekaragaman ekosistem yang telah dilakukan stakeholder," ungkapnya.

Dikatakannya, Cagar Biosfer Giam Siak Kecil ini ada pada tiga mata topik ajaran dan disusun berbagai ekosistem yang ada dan merupakan lokasi yang tepat bagi mahasiswa untuk melihat pengelolaan sumber daya alam.***