Menhub Lantik Dirjen Perhubungan Darat dan Laut

Kamis, 30 Juni 2022

JAKARTA, Riautribune.com- Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melantik Irjen Pol Hendro Sugiatno sebagai Dirjen Perhubungan Darat yang baru Kamis (30/6) ini.

Hendro sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Lampung. Budi juga melantik Arif Toha Tjahjagama sebagai Dirjen Perhubungan Laut. Arif sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Direktorat Jenderal (Sesditjen) Perhubungan Laut.

Selain kedua pejabat tersebut, Budi juga melantik Maria Kristi Endah Murni sebagai Staf Ahli Menteri Perhubungan Bidang Keselamatan dan Konektivitas Perhubungan. Maria sebelumnya menjabat sebagai Direktur Angkutan Udara Ditjen Perhubungan Udara.

Budi mengatakan pelantikan dan rotasi jabatan dilakukan dalam rangka memenuhi dinamika kebutuhan organisasi agar dapat mencapai tujuan organisasi yang efektif dan efisien.

"Saya yakin bahwa Bapak dan Ibu yang dilantik pada hari ini adalah insan perhubungan yang memiliki komitmen yang melakukan pekerjaan dengan all out, sungguh-sungguh dan memberikan arti bagi dirinya dan bagi bangsa," ujarnya melalui keterangan resmi, Kamis (30/6).

Budi berharap pejabat yang baru dilantik tersebut bisa memenuhi target organisasi serta mengawal keberhasilan program kerja. Target tersebut tidak saja di lingkup Kementerian Perhubungan (Kemenhub), tetapi juga mendukung Indonesia Maju sebagai visi misi Presiden Jokowi.

Oleh karenanya, sambung Budi, kemampuan penyesuaian diri dan kolaborasi harus ditingkatkan. Ia menyebut pihaknya memang dari kalangan birokrat, tetapi para pejabat harus cair untuk melaksanakan tugas dengan masyarakat yang dilayani, stakeholder, serta pihak swasta dalam dan luar negeri.

"Selain itu, kita harus melakukan terobosan-terobosan inovatif agar apa yang diamanahkan kepada kita dapat dilaksanakan dengan baik," imbuh Budi kepada para pejabat.

Turut Hadir dalam pelantikan tersebut Kakorlantas Irjen Pol Firman Santyabudi serta para Pejabat Pimpinan Tinggi Utama, para Pejabat Pimpinan Tinggi Madya, dan para Pejabat Pratama di lingkungan Kemenhub.