Kasat Polair Polres Rohil Minta Masyarakat Turut Serta Menjaga Keamanan Perairan Rohil

Rabu, 29 Juni 2022

BAGANSIAPIAPI - Keamanan perairan Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) tidak saja tugas Polisi Perairan (Polair), Pengawas Perikanan, Angkatan Laut, dan TNI. Tapi juga menjadi tanggungjawab masyarakat.

Demikian dikatakan Kasat Polair Polres AKP Dito Lara Gatra SH SIK, pada acara Sosialisasi Edukasi Penanganan Dan Penanggulangan Illegal Fishing, di Wilayah Perairan Kabupaten Rohil, Rabu (29/6/2022).

Meski demikian, jelas Kasat Polair AKP Dito Lara Gatra SH SIK, ia akan membantu masyarakat nelayan jika ada masalah, terutama perselisihan antara nelayan. Dito mengatakan persoalan dan perselisihan akan diselesaikan secara baik. 

"Saya juga akan bahas masalahnya, dan membantu menyelesaikan persoalannya. Untuk itu kami menghimbau agar masyarakat juga ikut serta bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban di perairan Rohil," kata Kasat Polair Polres Rohil AKP Dito Lara Gatra.

Dari penjelasan Dito, ia berkomitmen membantu masyarakat disebabkan tidak mau melihat masyarakat kesusahan. Adalah suatu kebanggaan, kata Dito, dapat membantu dan menolong masyarakat yang mengalami kesusahan. 

Meski demikian, terang Dito, yang hadir mewakili Kapolres Rohil AKBP Nurhadi Ismanto, akan bersikap tegas jika menjumpai ada pelanggaran, atau tindakan melawan hukum di perairan Rohil. 

"Akan saya tangkap jika ada pihak-pihak yang melakukan tindakan ilegal fishing atau tindakan melawan hukum lainnya. Akan saya tidak tegas, meski masih baru, baru tiga bulan bertugas di sini," jelas Dito, di acara yang dilangsungkan di Lantai IV Kantor Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Pemkab Rohil.

Perwira Polri berbalok tiga, yang saat ini berusia 30 tahun itu juga menyampaikan dirinya masih perlu mendapatkan berbagai pengetahuan dan informasi terkait perairan, pelabuhan, dan masyarakat nelayan di Rohil. 

"Kalau ada temuan persoalan dan pelanggaran di laut, salahkan laporkan. Saya akan turun langsung. Saya juga akan melakukan penguatan, dan melakukan patroli perairan secara rutin, serta berkoordinasi dengan instansi terkait," jelas Kasat.

AKP Dito juga menambahkan, bersama anggota Sat Polair, akan berupaya selalu meningkatkan kebersamaan, koordinasi, berkolaborasi, bersinergi, bersikap terbuka, dan transparan, serta saling bertanggungjawab. (amran)