Puluhan Wali Murid Lapor ke Pengaduan PPDB Online Disdik Riau

Rabu, 29 Juni 2022

Pusat pengaduan PPDB online SMA/SMK negeri Provinsi Riau tahun ajaran 2022/2023, di kantor Dinas Pendidikan (Disdik) Riau. (Foto: Reynold)

PEKANBARU, Riautribune.com - Puluhan orang tua peserta didik mengadu ke pusat pengaduan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online SMA/SMK negeri Provinsi Riau tahun ajaran 2022/2023, di kantor Dinas Pendidikan (Disdik) Riau.

"Hari pertama dibuka tempat pengaduan ada 30 orang, dan hari kedua 22 orang menyampaikan pengaduan ke Disdik Riau. Untuk hari ini belum kita rekap," kata pelaksana tugas (Plt) Kepala Disdik Riau, M Job Kurniawan pada Rabu (29/6/2022).

Job Kurniawan menjelaskan, secara umum sejauh ini tak ada kendala berarti dalam pelaksanaan PPBD Online di Provinsi Riau. Namun dia mengakui masih banyak masyarakat yang mengeluhkan sulitnya masuk aplikasi pendaftaran secara online.

"Rata-rata pengaduan yang kita terima terkait sulitnya Login ke aplikasi PPDB online. Ini terjadi bukan karena persoalan sistem, tapi karena Kartu Keluarga (KK) yang dimasukkan dalam sistem belum sampai satu tahun, sehingga aplikasi tak menerima," terangnya kepada awak media.

Pengaduan lain yang pihaknya terima adalah masyarakat masih mengeluhkan pendaftaran yang masih menunggu verifikasi, sebab setiap data pendaftaran yang masuk harus diverifikasi sekolah.

"Keluhan lain pendaftaran belum diverifikasi sekolah. Sebab setiap peserta yang daftar harus diverifikasi oleh sekolah. Kendala ini terjadi karena keterbatasan petugas, sedangkan data yang masuk cukup banyak," jelasnya menutup. (Reynold)