Gandeng Griya Foods Pekanbaru, CSR PT IKPP Kembali Gelar Pelatihan Tata Boga Bagi Pelaku UMKM Binaan

Selasa, 28 Juni 2022

SIAK, Riautribune.com - PT. Indah Kiat Pulp & Paper (PT IKPP) melalui Corporate Social Responsibility (CSR) kembali mengadakan Pelatihan Tata Boga bagi pelaku UMKM binaan yang berdomisili di Kecamatan Tualang, Kabupaten Siak Senin 27 Juni 2022.

Program pelatihan yang berlangsung di rumah pintar Abdul Wahid tersebut diikuti sebanyak 40 orang peserta yang dibimbing langsung oleh instruktur dari Griya Foods Pekanbaru dengan tema mendekor kue tar.

Terlihat hadir pada pembukaan pelatihan tata boga pagi itu, Manajer Public Affairs CSR PT. IKPP, Murseno SAP, Camat Tualang Tengku Indra Putra S.STP, Msi, dan Titan Firdusi Suryani dari Griya Foods Pekanbaru sebagai narasumber.

Dalam sambutannya Camat Tualang Tengku Indra Putra menyampaikan, pemerintah Kabupaten Siak dalam hal ini Kecamatan Tualang, menyambut baik pelatihan yang ditaja CSR PT IKPP.

"Kegiatan ini kesempatan yang sangat baik yang diberikan oleh pihak perusahaan bagi pelaku UMKM yang ada di Kecamatan Tualang, apalagi seluruh peserta pelatihan ini tanpa dipungut biaya," ungkapnya.

Camat Tualang itupun berharap kepada seluruh peserta pelatihan, agar bisa menyerap ilmu yang disampaikan pembimbing nantinya, dan bisa menerapkan ilmu yang didapat untuk memulai usaha baru demi meningkatkan ekonomi keluarga.

"Semoga ilmu yang didapat, bisa langsung diterapkan oleh ibuk-ibuk yang beruntung ini, dan dapat menambah penghasilan keluarga, dimasa pandemi saat ini," imbuhnya.

Ditempat yang sama, Manajer Public Affairs CSR PT. IKPP, Murseno mengatakan, ini merupakan kegiatan program CSR PT. IKPP dan ini merupakan kegiatan pelatihan yang ke XIV kalinya.

“Sudah lebih kurang selama tiga belas tahun kita melakukan kerja sama dengan Griya Foods dalam hal pelatihan bagi pelaku UMKM dan ini sudah yang ke 14 kalinya, Produk-produk hasil UMKM binaan CSR PT. IKPP ini pun tidak hanya dipasarkan di Kabupaten Siak dan Pekanbaru saja, namun sudah dipasarkan hingga ke berbagai provinsi bahkan keluar negeri," lanjutnya.

Murseno juga menyampaikan, program binaan UMKM ini juga merupakan upaya PT IKPP dalam membantu pemerintah untuk mengembangkan ekonomi masyarakat menengah kebawah yang terpuruk dimasa pandemi covid 19.

"Inilah bentuk kepedulian kami (PT IKPP) dalam membantu pemerintah dan masyarakat. Dimasa pandemi saat ini, pemerintah sedang menggalakan peningkatan UMKM guna membantu perekonomian masyarakat yang terpuruk selama ini," sebutnya.

Disela-sela pelatihan berlangsung terlihat antusias seluruh peserta sangat tinggi sekali, Titan Firdusi Suryani sebagai narasumber menyampaikan, ini merupakan pelatihan yang ke XIV, spesial baginya.

Dia menyampaikan untuk pelatihan kali ini kita mengambil tema pelatihan dasar buter creem.

Menurutnya, pelatihan dasar dekorasi ini dapat dipergunakan untuk selamanya, bagaimana tidak kita punya anak, keluarga yang cukup banyak, jadi saat merayakan ulang tahunnya kita tidak mesti membeli kue ultah lagi untuk kedepannya.

"Pelatihan yang akan berlangsung selama dua hari ini nantinya bisa kita implementasikan dalam kehidupan sehari-hari dan bisa bergabung dengan UMKM setempat serta melangkah untuk lebih maju lagi dengan kapasitas yang lebih besar,"harapnya. (Rizal Iqbal)