Astaka MTQ Riau 2022 Berbentuk Kapal, Sudah Siap 75 Persen

Senin, 27 Juni 2022

BAGANSIAPIAPI - Pemkab Rohil saat ini tengah membangun Astaka Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke 40 Provinsi Riau Tahun 2022, di Taman Budaya, Batu Enam,  Bagansiapiapi. 

Astaka tersebut dibangun berbentuk replika kapal. Saat ini pembangunan astaka itu masih berlangsung. Bantak material bangunan yang digunakan berupa beroti, dan triplek. 

"Pembangunan astaka sudah dilakukan sejak 2 Juni lalu. Sekarang ini diperkirakan pembangunannya sekitar 75 persen," kata Zulkifli, pelaksana pekerjaan pembangunan astaka, Senin (27/06/2022) di Taman Budaya, Batu Enam. 

Zulkifli mengatakan mereka bukan sebagai kontraktor pembangunan astaka, tetapi sebagai pelaksana proyek pembangunan astaka. Projek pembangunan astaka itu merupakan proyek swadaya. 

 Sebab itu pula, di lokasi pembangunan astaka ini tidak terlihat ada plang proyek. Namun, berdasarkan pengakuan Zulkifli, pembangunan astaka memakan biaya sekitar Rp200 juta. 

"Yang kami bangun fisik kapalnya, dan ornamen-ornamennya. Saat ini kita sedang membuat anak tangga dan pengecatan.
Sedangkan hiasan-hiasan, seperti layar kapal, ada pihak lain yang melaksanakan pengerjaan. Jadi kami hanya membuat replika kapalnya," jelas Zulkifli.  

Astaka berbentuk kapal itu, diperkirakan akan selesai satu minggu sebelum pelaksanaan MTQ Riau ke 40 Tahun 2022, pada 24 Juli 2022. Sepekan jelang MTQ,  jelasnya,  astaka akan dihias dengan layar dan ornamen lainnya. (amran)