KTT G7 Jerman Jokowi Terbang ke Jerman, Bawa Misi Perdamaian Ukraina

Ahad, 26 Juni 2022

JAKARTA, Riautribune.com - Presiden Joko Widodo beserta rombongan bertolak ke Jerman dalam rangka menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) negara-negara G7 di Jerman.
Indonesia akan berpartisipasi sebagai negara rekanan G7 bersama India, Afrika Selatan, Senegal, dan Argentina. Indonesia juga diundang dalam kapasitas sebagai Presidensi G20.

Berbicara dalam konferensi pers di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Jokowi mengatakan, dalam pertemuan tersebut Indonesia akan secara khusus membawa misi perdamaian untuk Ukraina dan Rusia.

"Di sini kita akan mendorong, mengajak negara-negara G7 untuk bersama-sama mengupayakan perdamaian di Ukraina dan juga secepat-cepatnya mencari solusi dalam menghadapi krisis pangan, krisis energi, yang sedang melanda dunia," kata Jokowi.

KTT G7 akan digelar di Pegunungan Alpen Bavaria, Jerman pada 26 Juni hingga 28 Juni. Agenda ini sebagai bagian dari upaya untuk membentuk aliansi internasional yang lebih luas melawan Rusia.

Di samping itu, salah satu isu yang akan dibahas adalah mengenai masalah pangan. Jokowi mengakui hal ini tidak mudah, namun pemerintah akan tetap mengupayakan hal tersebut.

"Memang upaya ini tidak mudah, tapi kita akan terus berupaya," tegas Jokowi.

Setelah hadir dalam KTT G7, Jokowi memastikan akan langsung bertolak ke Ukraina dan Rusia. Jokowi akan bertemu Presiden Volodymyr Zelensky dan Presiden Vladimir Putin.

Selain membahas kemungkinan kedua negara membuka dialog dan menghentikan perang yang sudah terjadi dalam empat bulan terakhir, Jokowi juga akan membahas mengenai rantai pasok pangan yang selama ini terhambat.