Pemerintah Beri Santunan Rp140 Juta ke Korban Awan Panas Sinabung

Senin, 23 Mei 2016

KARO - Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa, mewakili pemerintah menyerahkan santunan berupa uang tunai Rp140 juta kepada sembilan keluarga korban aliran awan panas Gunung Sinabung yang terjadi pada Sabtu 21 Mei 2016.

Masing-masing keluarga korban yang meninggal dunia mendapat santunan sebesar Rp15 juta. Sedangkan untuk korban luka-luka mendapatkan santunan Rp2,5 juta.

Khofifah mengatakan, santunan yang diberikan ini sebagai bentuk rasa bela sungkawa pemerintah atas musibah yang dialami para korban.

"Kami turut berduka atas apa yang terjadi dengan keluarga bapak-ibu. Kami harap bapak-ibu tetap tabah," tutur Khofifah kepada keluarga korban saat berkunjung ke Jambur (Pendopo) Rumah Bupati Karo, Senin (23/5/2016).

Selain memberikan santunan, Khofifah turut mengunjungi lokasi pengungsian di Gedung Serba Guna Moderamen GBKP Simpang Enam, Jalan Meriam Ginting, Kabanjahe. Kepada para pengungsi di Kabupaten Karo, dirinya menyerahkan bantuan beras sebanyak 100 ton.

"Kalau 100 ton masih kurang, nanti gubernur yang akan menambah. Kalau kurang juga nanti kita tambahi lagi," sebutnya.

Peristiwa erupsi Gunung Sinabung yang terjadi pada Sabtu 21 Mei 2016, mengakibatkan sembilan orang yang berasal dari Desa Gamber, Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Karo, yang tengah berladang menjadi korban.

Tujuh di antaranya meninggal dunia dan dua lainnya mengalami luka bakar hingga 60 persen dan hingga kini masih di rawat di RSU Haji Adam Malik, Medan, Sumatera Utara.(okz/rt)