Kapolda Riau Resmikan Pembangunan Gedung Pelayanan Publik di Mapolres Siak

Rabu, 15 Juni 2022

SIAk, Riautribune.com - Bersempena menyambut Hari Bhayangkara ke-76 tahun 2022, Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal SIK MH bersama istri Nindya Astuti Aryani melakukan kunjungan kerja ke Mapolres Siak, Selasa 15 Juni 2022.

Setibanya di Mapolres Siak pada pukul 12.00 WIB, Kapolda Riau disambut langsung oleh Kapolres Siak, AKBP Gunar Rahadiyanto beserta jajaran dan Unsur Forkopimda Kabupaten Siak.

Pimpinan Korp Bhayangkara Provinsi Riau itu juga dikalungkan Bunga oleh polisi cilik binaan Satlantas Polres Siak.

Kunjungan Jendral Bintang dua itu di mulai dengan meresmikan pembangunan gedung pelayanan publik Mapolres Siak, dengan menekan tombol serine pertanda pemasangan tiang pancang pertama dalam proses pembangunan mal pelayanan publik di markas Kepolisian wilayah hukum Polres Siak.

Sebelum meresmikan pembangunan mal pelayanan publik itu, Kepala Dinas PUPR Kabupaten Siak Irving Kahar menjelaskan, pembangunan gedung pelayanan Publik Polres Siak bersumber dari dana APBD Kabupaten Siak, yang mana pengerjaan pembangunan gedung tersebut akan berlangsung selama tujuh bulan kedepan atau 210 hari kalender.

"Gedung ini dua lantai, dengan luas 525 M2 diatas lahan 700 M2. Dibangun dengan tiang pancang berukuran 20x20 cm, beratapkan spandek dan beton pak Kapolda," terang Kadis PUPR kepada Kapolda Riau, dan disambut dengan Riuh tepuk tangan.

Pada kesempatan itu, Irjen Pol M.Iqbal mengucapkan apresiasi atas inisiatif Pemerintah Kabupaten Siak atas pencanangan pembangunan gedung pelayanan publik Polres Siak itu.

“Saya sangat mengapresiasi atas inisiatif Pemerintah Kabupaten Siak terkait perencanaan pembangunan gedung pelayanan publik Polres Siak ini, semoga ini semua dapat bermanfaat dalam peningkatan pelayanan publik,” tutur mantan Kapolda NTB itu.

Usai meresmikan pembangunan gedung Pelayanan Publik Polres Siak, Kapolda Riau bersama rombongan langsung menghampiri gerai vaksin dan memberikan door price kepada masyarakat yang beruntung. 

Kemudian dilanjut lagi ke acara temu ramah bersama Muspida Kabupaten Siak yang berlangsung di gedung Aula Mapolres Siak, Endra Dharmalaksana.

Dalam sambutannya, mantan Kadiv Humas Mabes Polri itu menyampaikan ungkapan apresiasi atas inisiatif Pemerintah Kabupaten Siak yang telah mencanangkan pembangunan gedung pelayanan publik di Polres Siak.

“Saya sangat mengapresiasi atas inisiatif Pemerintah Kabupaten Siak terkait perencanaan pembangunan gedung pelayanan publik Polres Siak ini, semoga ini semua dapat bermanfaat dalam peningkatan pelayanan publik kepada masyarakat," ungkapnya.

Kepada personel kepolisian Polres Siak, Kapolda Riau Irjen Pol Iqbal mengingatkan personel Polri agar bersikap baik dan melakukan tugas dengan sangat baik. 

"Jika ada yang melakukan pelanggaran berupa tindak pidana, bersikaplah dengan santun dan beretika," kata M Iqbal,

Ditegaskan Kapolda, polisi itu harus bisa menunjukkan karakter yang menenteramkan, menyejukkan masyarakat, bukan sebaliknya membuat cemas, takut dan khawatir. Selalu ikuti aturan main. Bertindaklah sesuai aturan, mana yang harus dilakukan dengan kewenangan sedikit keras, dan dengan keras. Sesuaikan dengan prosedur dan kondisi yang ada.

"Jika ada ancaman, seketika atas nama kemanusiaan lakukan penegakan hukum dan tindakan secara terukur," pesannya.

Dikesempatan itu, Bupati Siak Drs H Alfedri MSi menyampaikan, kedatangan Kapolda Riau memberikan semangat baru dalam membangun Kabupaten Siak dan kebahagian bagi masyarakat Kabupaten Siak.

"Atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Siak tentunya kami mengucapkan selamat datang bapak Kapolda Riau di Kabupaten Siak ini, kehadiran bapak tentunya menambah kebahagiaan dan semangat bagi kami di daerah, untuk dapat bersinergi dalam membangun Daerah yang bernuansa NKRI ini, serta menambah motivasi bagi kami dalam melakukan berbagai upaya inovasi di Negeri Istana ini," ucap Bupati Alfedri. 

"Apa yang kami lakukan ini sepenuhnya untuk kepentingan masyarakat. Kami membangunkan gedung pelayanan itu juga untuk masyarakat, kami saling Bersinergi, karena bersinergi adalah kunci untuk kebaikan dan kemajuan Kabupaten Siak sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat," sebutnya.

Hadir dalam kunjungan kerja tersebut, Kapolres Siak AKBP Gunar Rahadiyanto, Bupati Alfedri, Ketua DPRD Indra Gunawan, Dandim 0322/ Siak Letkol Faisal Efendi, Kajari Dharmabella, forkopimda dan kepala OPD, Plt Kadishub Junaidi, Kadis PU Tarukim Irving Kahar, Plt Kadisdik Mahadar, serta tamu undangan lainnya. (Rizal iqbal)