Raja Juli Antoni, Elite PSI asal Pekanbaru yang Disebut Bakal Jadi Wamen ATR

Rabu, 15 Juni 2022

PEKANBARU, Riautribune.com - Isu reshuffle kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi) ternyata makin santer terdengar. Apalagi sejumlah tokoh mendatangi Istana mulai Selasa (14/6/2022) petang kemarin.

Belakangan, Presiden Jokowi dikabarkan akan melantik sejumlah menteri dan wakil menteri (wamen) hari Rabu (15/6/2022).

Beredar rumor, Selasa (15/6/2022), Raja Juli Antoni akan dilantik menjadi Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN).

Lalu siapakah Raja Juli Antoni yang dibicarakan dalam isu reshuffle kabinet kali ini?

Profil Raja Juli Antoni
Raja Juli Antoni mulai ramai dibicarakan setelah isu Reshuffle Kabinet 2022 memanas. Isu Reshuffle Kabinet Indonesia Maju membuat banyak pihak memberi perhatian khusus kepada sosok-sosok yang dipanggil oleh Presiden Joko Widodo.

Salah satunya adalah Raja Juli Antoni, politikus dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Bila Anda belum tahu profil Raja Juli Antoni, sosok yang berkedudukan sebagai Dewan Pembina PSI, maka silahkan simak uraiannya di bawah ini.

Raja Juli Antoni lahir pada 13 Juli 1977 di Pekanbaru. Ia berkuliah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) yang sekarang sudah berubah menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta, lulus tahun 2001.

Setelah itu, Raja melanjutkan pendidikan S2-nya lewat beasiswa dan mendapat gelar Master di The Department of Peace Studies, The University of Bradford, Inggris.

Raja juga menyelesaikan Doctoral di School of Political Science and International Studies, The University of Queensland, Australia.

Selain pendidikan yang mumpuni, perjalanan karier Raja Juli Antoni di dunia politik dapat dilihat jejaknya sebagai berikut ini. Ia pernah menduduki beberapa posisi sebagai berikut:

Mantan Ketua Umum PP Ikatan Pelajar Mahasiswa (IPM)
Direktur Eksekutif Maarif Institute
Calon anggota legislatif untuk Pemilihan Umum Legislatif 2009 dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) untuk Daerah Pemilihan Jawa Barat IX (Kabupaten Subang, Sumedang, dan Majalengka)
Calon Ketua Umum PP Muhammadiyah periode 2015-2020, mengundurkan diri karena ingin berkonsentrasi sebagai
Sekretaris Jenderal Partai Solidaritas Indonesia (PSI)
Selain itu, Raja Juli juga aktif menulis berbagai Media Nasional, seperti Kompas, Tempo, Republika.
Reshuffle Kabinet
Pemanggilan Raja Juli Antoni di tengah isu reshuflle kabinet Jokowi jelas menimbulkan berbagai macam pertanyaan dari berbagai pihak. Apakah dia menjadi salah satu orang yang akan ditunjuk untuk menduduki posisi penting di kabinet? Hal tersebut akan terjawab dalam waktu dekat ini.

Selain Raja Juli Antoni, tokoh-tokoh lain yang dipanggil Jokowi antara lain Mantan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, Menteri ATR/BPN Sofyan Djalil, Menteri Perdagangan M.Luthfi, Menteri Pertahanan dan Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto dan Wamen ATR, Surya Tjandra.(reynold)