Jalan Arifin Achmad Dijadikan Zona KHAS, Diharapkan Jadi Contoh Untuk Daerah Lain

Senin, 13 Juni 2022

Ismail Dt Podano Montoi

PEKANBARU, Riautribune.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau berencana menjadikan kawasan jalan Arifin Achmad Pekanbaru menjadi zona Kuliner Halal, Aman dan Sehat (KHAS).

Rencana itu mendapat respon dari positif dari masyarakat. 
Seperti yang diungkapkan oleh Penerima Anugrah Tokoh Budaya Riau 2021, Ismail Dt Podano Montoi. Dia berharap jika rencana tersebut cepat direalisasikan oleh Pemprov Riau.

"Sebagai masyarakat Riau umumnya dan masyarakat Pekanbaru khususnya, sangat mendukung sepenuhnya jalan Arifin Ahmad di jadikan Zona KHAS yang di gagas oleh Pemrov Riau dan khususnya pelaksana lapangan dari Dinas Pariwisata Riau. Sudah seharusnya kita memiliki zona ini, semoga cepat terealisasi 3 bukan kedepan dan secepatnya dinikmati oleh masyarakat Riau," ungkapnya pada Senin, 13 Juni 2022.

Dijelaskannya, kondisi, situasi dan suasana pada ruas jalan Arifin Ahmad ini sangat mendukung dijadikan Zona KHAS ini. Dia berpendapat, ibarat jamur yang tumbuh di waktu hujan, tingginya pertumbuhan dan perkembangan kuliner di sepanjang ruas jalan ini mendapat perhatian khusus dari  Pemprov Riau.

"Sore menjelang malam ataupun di malam harinya begitu terasa aura kuliner ini dengan berbagai puluhan macam pilihan cita rasa untuk bisa dinikmati, apalagi akan dijadikan Zona KHAS oleh Pemprov Riau," paparnya.

Dengan konsep kuliner halal ini, lanjut Ismail, para pemilik kuliner yang belum memiliki sertifikat halal bisa mengurus sertifat halalnya ke dinas terkait. Disamping konsep halal, katanya lagi, harus ditambah juga dengan konsep keberaihan dan konsep sehat satu padu keelegannya.

"Tentu kita sebagai masyarakat sangat berterima kasih kepada Pemprov Riau dalam mengembangkan ruas jalan ini menjadi Zona KHAS, semoga ini jadi contoh untuk kabupaten/kota se Provinsi Riau dalam membangkitkan batang terendam di Bumi lancang Kuning yang kita banggakan ini," jelasnya.

"Semoga, Zona KHAS ini menjadi pusat kuliner pertama di Provinsi Riau, dan Insha Allah 3 bulan kedepan dari sekarang sudah tertata dengan baik dan elegan dalam segala hal. Apalagi ini akan menjadi pusat kuliner tentu akan banyak para penikmat kuliner berdatangan bukan hanya dalam kota Pekanbaru, dan kabupaten/kota seluruh Riau saja malahan dari nusantara dan internasional," harap Ismail Dt Podano Montoi. (Heri)