KOMISI X DUKUNG LIMA PROGRAM PRIORITAS PSSI

Jumat, 20 Mei 2016

ilustrasi internet

JAKARTA - riautribune: Komisi X DPR RI menggelar Rapat Dengar Pendapat Umum dengan Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI), di Komplek Parlemen, Jakarta, Kamis (19/5). Dalam rapat yang dipimpin Ketua Komisi X Tauku Riefky Harsya itu, Plt Ketua Umum PSSI Hinca Panjaitan menyampaikan lima program prioritas persepakbolaan nasional.

"Ada lima program prioritas persepakbolaan nasional, sebagaimana tercantum dalam acuan kerja yang direkomensikan oleh FIFA pada surat tertanggal 13 Mei 2016," kata Hinca.

Pertama, pihaknya bermaksud memperbaiki hubungan dengan pemain. Karenanya, PSSI dan Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI) akan membuat standar kontrak bagi pemain sekaligus menyiapkan asuransi.

"Kedua, memperbaiki statuta PSSI sesuai dengan standart statuta FIFA, sekaligus berkomunikasi dengan pemerintah terkait dengan kesepakatan yang bisa dijalankan bersama," ujar Hinca.

Ketiga, PSSI akan meninjau Indonesia Super League (ISL) sebagai kompetisi resmi, sekaligus mengkaji status Torabika Soccer Championship (TSC) dalam Kongres PSSI pada 1 Juni 2016.

"Keempat, mempersiapkan tim nasional Indonesia untuk mengikuti beberapa agenda FIFA, yang terdekat Piala AFF 2016, Sea Games 2017, dan Asian Games 2018," ungkapnya.

Kelima atau yang terakhir, PSSI akan melakukan pengembangan infrastruktur persepakbolaan nasional.

"Kamia kan berkoordinasi dengan pemerintah dan pemangku kepentingan lainnya untuk memajukan persepakbolaan nasional," tukas Hinca.

Mendengar lima program prioritas PSSI yang disampaikan Hinca tersebut, Ketua Komisi X Teuku Riefky Harsya langsung mendukungnya.

"Komisi X mendukung langkah-langkah PSSI dalam menjalankan program prioritas persepakbolaan nasional,  sebagaimana tercantum dalam acuan kerja yang direkomendasikan oleh FIFA," tukas Riefke yang juga politisi Partai Demokrat ini. (rmol/rt)