Tips Rahasia Bikin Ayam Goreng Tepung Seperti di Restoran Cepat Saji

Ahad, 05 Juni 2022

JAKARTA, Riautribune.com - Siapa yang tak menyukai ayam goreng yang disajikan di restoran cepat saji? Sajian satu ini biasanya memiliki kerenyahan ayam dan tepung yang tak tertandingi.

Sejumlah restoran cepat saji menghadirkan menu ayam goreng yang khas.

Sepintas, membuat ayam goreng tepung rasanya mudah. Namun, sulit untuk menemukan resep yang mirip dengan ayam goreng tepung khas restoran cepat saji.

Betapa tidak, setiap restoran memiliki resep ayam goreng tepung rahasianya masing-masing.

Baru-baru ini, seorang pegawai di gerai KFC Inggris mengungkapkan rahasia kerenyahan ayam goreng yang dibuatnya. Sebagian besar resep ayam goreng KFC dibuat di pabrik, namun sebagian lainnya dilakukan oleh pekerja di gerai.

Mengutip Stuff, rahasianya melibatkan teknik membumbui ayam hingga sempurna dan merata. Teknik ini terbilang sangat spesifik, namun dipastikan memberikan hasil ayam goreng tepung yang renyah.

Jo, salah seorang pegawai KFC di Inggris, membeberkan teknik tersebut dalam acara Secrets of the Fast Food Giants. Serial dokumenter ini menggali apa yang terjadi di balik layar berbagai restoran cepat saji di dunia.

Pertama-tama, ayam akan dipotong menjadi beberapa bagian dan dilumuri lapisan tepung.

Untuk mendapatkan lapisan tepung yang tepat, diperlukan adanya teknik membaik dan melihat. Semua ayam yang masuk ke dalam wadah tepung akan dibolak-balik dan dilipat sebanyak 10 kali, kemudian ditekan-tekan sebanyak tujuh kali untuk mendapatkan lapisan tepung yang sempurna.

Kemudian, ayam yang telah dilumuri tepung dimasak selama 15 menit.

Setelah mempresentasikan langsung ayam goreng buatannya, Jo mempersilakan pembawa acara untuk mencicipinya. Ayam goreng disebut memiliki rasa lada hitam, bawang putih, dan garam. Ada juga aroma bawang bombay yang terasa.

Jo juga mengatakan, ayam yang baru saja diangkat dari penggorengan umumnya akan terasa sedikit pedas.

"Ini adalah resep asli yang berasal dari penggorengan. Kami kemudian mengeringkannya semalaman dan merendamnya dalam saus buatan kami," ujar Jo.

KFC di Inggris, sebut Jo, memiliki racikan sausnya sendiri. Bisa jadi, racikan ini akan berbeda pada masing-masing negara.