Baterai Habis, Pembalap Italia Gagal Bersinar di Formula E Jakarta

Sabtu, 04 Juni 2022

JAKARTA, Riautribune.com - Pembalap Dragon/Penske Autosport, Antonio Giovinazzi tak bisa menyelesaikan balapan Formula E 2022 di Jakarta International E Prix Circuit karena kehabisan baterai, Sabtu (4/6).

Pembalap asal Italia itu harus masuk pit saat balapan memasuki waktu tambahan 1 menit 30 detik. Waktu tambahan ini diberlakukan karena sempat ada bendera kuning setelah ban Oliver Rowland copot.

Kondisi baterai Giovinazzi, sebagaimana ditampilkan dalam layar siaran langsung, paling berkurang drastis. Saat energi mobil pembalap lain masih 40 persen, milik mantan pembalap F1 ini tinggal 20 persen.

Saat balapan menyisakan satu menit tersisa, tidak termasuk tambahan waktu, ketika baterai pembalap lainnya masih di angka sembilan hingga sepuluh persen, milik Giovinazzi tinggal satu persen.

Karenanya pembalap 28 tahun tersebut masuk ke pit lane atau tak bisa menyelesaikan balapan. Ia menjadi pembalap ketiga yang tidak bisa menyelesaikan seri kedelapan tersebut setelah Rowland dan Nyck de Vries.

Ditemui seusai balapan, Giovinazzi agak kebingungan saat ditanya soal baterai yang habis. Pembalap berambut gondrong ini menggeleng-gelengkan kepala sambil memasang raut wajah kebingungan.

"Kami menerapkan strategi baru dalam balapan ini, tetapi strategi tersebut tidak berjalan. Kami menguras banyak energi pada awal balapan," kata Giovinazzi saat ditanya soal kendala balapan di Jakarta E Prix.

Adapun pemenang balapan kali ini adalah Mitch Evans. Dalam balapan sebanyak 40 lap tersebut Evans unggul 0,733 second dibanding Jean-Eric Vergne. Ini merupakan kemenangan dramatis.

Pasalnya Vergne sempat memimpin balapan hingga tujuh menit terakhir. Tepatnya pada tikungan ketujuh, Evans menyalip Vergne dari sisi dalam. Vergne mencoba mengejar tetapi akhirnya tidak berhasil.