Bupati Rohil Targetkan Penurunan Kasus Anak Kurang Gizi

Selasa, 31 Mei 2022

BAGANSIAPIAPI - Bupati Rokan HIlir (Rohil) Afrizal Sintong menghadiri kegiatan Penilaian Kinerja Kabupaten/Kota Dalam Pelaksanaan Penurunan Stunting Tahun 2022, yang digagas Pemprov Riau, Senin (30/05/2022) di Pekanbaru, Riau.

Acara dibuka Asisten III Sekretariat Daerah Provinsi (Setdaprov) Riau Joni Irwan. Joni mengatakan penilaian kinerja ini merupakan catatan indikator kinerja yang menghasilkan rekomendasi yang akan dikirimkan Pemprov Riau kepada Pemda. Kabupaten/Kota.

"Agar penilaian kinerja kabupaten/kota tahun ini dapat diperoleh dengan lebih baik," kata Joni, yang membuka kegiatan mewakili Gubri H Syamsuar.

Bupati Rohil Afrizal Sintong menyatakan Pemkab Rohil berkomitmen melaksanakan rekomendasi penurunan stunting. Hal itu,  jelas Bupati, sesuai misi ke tiga Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah  RPJMD, yakni mengembangkan sumber daya manusia berkualitas melalui peningkatan derajat kesehatan, dan derajat pendidikan individu masyarakat. 

"Pemerintah daerah dan masyarakat akan bersinergi dalam penurunan stunting di Kabupaten Rohil. Semoga Rohil  bisa mencapai target penurunann angka stunting," katanya.

Dalam kegiatan penilaian kinerja pelaksanaan intervensi penirunan stunting tahun 2022, terang Bupati Arfirzal,  Pemkab Rohil melibatkan seluruh OPD, dan kecamatan, kecuali Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan Cipta Karya .

"Intervensi spesifik program stunting di Rohil antara lain pemberian makanan tambahan pada ibu hamil, pemberian makaman kepada  balita kurang gizi, melakukan rakor, monitoring, evaluasi stunting, kegiatan edukasi pengasuhan 1000 HPK bagi ibu hamil dan keluarga, serta kegiatan pemahaman kesehatan produksi.

"Pemkab Rohil juga melaksanakan program pengembangan pengelolaan air minum, sanitasi, peningkatan diservikasi dan ketahanan pangan, memasyarakatkan gemar makan ikan, dan program PKH di kecamatan," ucap Afrizal.

Selama kegiatan penilaian stunting, Pemkab Rohil membuka stand bazaar bersama kabupaten/kota lainnya dengan menampilkan produk produk yang nengandung gizi  yang berguna untuk pencegahan stunting, dan dilanjutkan dengan sesi pemaparan materi pembinaan pelaksanaan intervensi stunting dari masing masing Kabupaten/Kota.

Acara program penilaian kinerja Kabupaten/Kota dalam pelaksanaan Intervensi Stunting tahun 2002 ditaje Dinas Kesehatan (Dinkes) Riau turut dihadiri  Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Rohil Sanimar Afrizal, Pj Sekda Rohil Ferry H Parya, dan Kabid KIP Kominfotiks Rohil Hasnul Yamin. (amran/rilis)