Buka Pelatihan Kepemimpinan, Bupati Rohil: Harus Dapat Merubah Sikap dan Perilaku

Sabtu, 28 Mei 2022

BAGANSIAPIAPI  -  Pemkab Rohil bekerjasama dengan Badan Kepegawaian, dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Pemprov Riau menyelengarakan  Pelatihan Kepemimpinan Administrator di lingkungan Pemkab Rohil Tahun Anggaran (TA) 2022,  di Lantai IV Kantor Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Pemkab Rohil, Jumat (27/5/2022).

Pelatihan Kepemimpinan Administrator tersebut dibuka Bupati Rohil Afrizal Sintong. Bupati Rohil secara simbolis juga mengenakan tanda peserta kepada perwakilan peserta pelatihan Kepemimpinan Administrator.

Bupati Rohil Afrizal Sintong dalam pengarahannya menyampaikan dalam sistem manajemen kepegawaian, pejabat struktural Eselon lll memiliki peranan yang sangat menentukan dalam menjabarkan visi dan misi OPD ke dalam program-program.

"Serta memimpin bawahan dan seluruh stakeholder strategis untuk melaksanakan program-program tersebut secara efektif dan efisien," kata Bupati Afrizal Sintong. 

Kesemua itu, jelas Afrizal, akan mengarah kepada terpenuhinya rasa puas masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan pemerintah Kabupaten Rohil.

Menyikapi pentingnya hal ini, lanjut Bupati,  Pemkab Rohil memandang perlu dan wajib mengadakan kegiatan Pelatihan Kepemimpinan Administrator kepada pejabat struktural Eselon III. 

"Pelatihan Kepemimpinan Administrator adalah diklat yang memberikan wawasan, pengetahuan, keahlian, keterampilan, sikap, dan perilaku dalam bidang kepemimpinan aparatur sehingga mencapai persyaratan kompetensi dalam jenjang jabatan struktural tertentu," terang Bupati Afrizal. 

Pelatihan ini, tambah Bupati, bertujuan untuk mencapai persyaratan kompetensi kepemimpinan aparatur pemerintah yang sesuai dengan jabatan struktural eselon lll serta memiliki kesamaan pola pikir yang dinamis. 

"Sehingga melalui pelatihan ini memiliki wawasan pengetahuan yang komprehensif, dan semangat pengabdian yang berorientasi kepada pelayanan prima, pengembangan, dan partisipasi masyarakat," tutur Bupati. 

Terbitnya Peraturan Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN) Nomor 16 tahun 2019 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pelatihan Kepemimpinan Administrator, lanjut Bupati, maka penyelenggaraan pelatihan kepemimpinan administrator mulai tahun ini merupakan pola diklat yang sangat berbeda pada tahun-tahun sebelumnya.

"Perubahan yang signifikan adalah cara pembelajaran yang dirancang untuk meningkatkan kemampuan leadership birokrasi di sektor publik. Terutama dalam menyumbang inovasi dan perubahan di instansi masing-masing," tambah Bupati lagi. 

Berdasarkan itu, ucap Bupati, Pemkab Rohill perlu mempersiapkan (SDM) yang mempunyai wawasan luas, dan pola pikir yang dinamis, serta bertanggungjawab terhadap amanah yang dibebankan di masing-masing OPD.

Pada hakikatnya, sebut Bupati, pemerintah memiliki tiga tugas pokok utama, yakni, memberikan pelayanan, dan pemberdayaan kepada masyarakat, agar bisa mandiri, serta melaksanakan pembangunan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Untuk melaksanakan tugas pemerintahan tersebut, tentu saja pemerintah harus ditopang oleh sumber daya aparatur yang cerdas, terampil, dan berpengetahuan, yang dapat bekerja keras, dan mengutamakan prinsip solidaritas pada pemenuhan kepentingan masyarakat," terang Bupati. 

Melalui pelatiham ini, harap Bupati, dapat memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan kemampuan peserta dalam melaksanakan tugas-tugas di masa mendatang terutama dalam peningkatan pelayanan kepada masyarakat.

"Pelatihan tidak hanya sekedar untuk memenuhi persyaratan jabatan. Melainkan harus menghasilkan perubahan sikap, dan perilaku sesuai etika PNS, serta meningkatkan keterampilan, dan keahlian dalam memimpin sebuah organisasi sehingga menjadi agen pembaharu dan perekat persatuan dan kesatuan bangsa," pungkas Bupati. 

Pelatihan Kepemimpinan Administrator itu diikuti 40 peserta, dari beberapa dinas, badan, kantor, badan layanan umum daerah (BLUD)  yakni RSUD, Puskesmas, dan Camat. Peserta merupakan pejabat struktural admistrasi di instansi. Kegiatan itu diselenggarakan Pemkab Rohil bekerjasama dengan BPSDM Provinsi Riau, dari Jumat (27/05/2022) sampai Jumat (03/06/2022). 

Peserta diseleksi BKPSDM Rohil, dengan melihat kinerja peserta 2 tahun terakhir. Narasumber dari BPSDM Provinsi Riau, Widyaiswara Provinsi Riau, dan pejabat yang berkompeten.

Acara dihadiri Wabup Rohil H Sulaiman, Pj Sekda Rohil Fery H Parya, Widyaiswara Provinsi Riau Drs Surya Arfan, Plt Kepala BKPSDM Rohil Drs Aisrin, Kepala Inspektorat Rohil Inspektur H Roy Azlan, Kadis LH Rohil Suwandi S.Sos, MSi, Kepala Bapanda Cicik Mawardi, dan lain-lain. (amran)