Wabup Rohil Buka Diklat Ketenagakerjaan Berbasis Kompetensi

Jumat, 27 Mei 2022

BAGANSIAPIAPI, Riautribune.com  - Wakil Bupati (Wabup) Rohil H Sulaiman SS, MH, membuka Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Ketenagakerjaan Operator Material Handling Angkatan I, di Hotel Armarosa, Bagansiapiapi, Rabu (25/5/2022).

Diklat ketenagajerjaan berbasis kompetensi Skema 3 in 1 tersebut merupakan Program Pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) melalui kerjasama antara Pemkab Rohil dan Balai Diklat Industri (BDI) Kota Medan.

"Kita berharap kedepan Diklat ini terus berlanjut," kata Wabup H Sulaiman.

Wabup mengatakan, output dari Diklat tersebut diharapkan mampu meningkatkan pemahaman,  pendalaman ilmu dan keterampilan bagi tenaga kerja lokal Rohil. Ia mengingatkan kepada seluruh peserta agar dapat aktif dan semangat mengikuti pelatihan. 

Selain bekal pengetahuan dan keterampilan, Wabup juga menekankan pentingnya sertifikat yang diberikan Diklat tersebut. Menurut Wabup, tenaga kerja lokal Rohil pada umumnya memiliki skil, dan mampu berkopetensi, namun sering terkendala persyaratan dikarenakan belum memiliki sertifikat. 

"Kita optimis tenaga kerja lokal kita bisa berkompetensi dan siap ditempatkan di perusahaan lokal sesuai dengan kompetensinya masing-masing. Namun kadang-kadang terkendala persyaratan, karena mereka belum memiliki sertifikat," tuturnya. 

Wabup juga berpesan kepada seluruh perusahaan yang ada di Rohil agar dapat memprioritas, dan memberi kesempatan kepada tenaga kerja lokal.

"Ada 36 perusahaan yang terdaftar di Kabupaten Rohil. Untuk itu, kami berpesan kepada seluruh perusahaan tersebut agar dapat memprioritaskan tenaga kerja lokal Rohil. Tentunya berdasarkan kompetensi dan bidangnya masing-masing," pungkas Wabup. 

Pembukaan dihadiri Plt Kepala Disperindagsar Rohil Mursal, Kabid Indsutri,  Instruktur Balai Diklat Industri Medan Dewi Pasaribu, PT Sindora Seraya (PTSS) Romi Firdaus, dari PT Salim Ivomas Pratama (PTSIP) Martono, beserta seluruh peserta dan lain-lain. (amran/rilis)