Buka Bimbingan Manasik Haji, Wabup Rohil: Jaga Kesehatan dan Bersihkan Hati

Kamis, 26 Mei 2022

BAGANSIAPIAPI, Riautribune.com - Wakil Bupati (Wabup) Rokan Hilir (Rohil) H Sulaiman SS MH membuka Bimbingan Manasik Haji 1443 H/2022 Tingkat Kabupaten di Gedung Nasional H Misran Rais, Bagansiapiapi, Selasa (24/5/2022).

Bimbingan Manasik Haji bertemakan  "Wujudkan Haji Yang Mandiri dan Berkualitas Sesuai Syariat Menuju Haji Mabrur" berlangsung empat hari dari Senin-Kamis (23-26/5/2022). Kemenag Rohil mendatangkan narasumber dari UIN Suksa, dan dari Kemenag. 

Wabup Rohil H Sulaiman pada sambutannya menyampaikan agar para jamaah dapat menjaga kesehatan dari saat persiapan sekarang ini, dan disaat melaksanakan ibadah haji.

"Jaga kesehatan dan bersihkan hati. Semoga dengan demikian (membersihkan hati) diharap dapat menjadi haji yang manjur," jelas Wabup H Sulaiman. 

Tahun ini,  jelas Wabup Sulaiman, pelaksanaan ibadah haji kembali dilaksanakan,  dan hendaknya ini disambut dengan rasa bersyukur yang tak terhingga kepada Allah SWT atas berkah yang telah diberikan.

"Tahun ini para jamaah calon haji dari Rohil bisa berangkat menunaikan ibadah haji. Ini harus kita syukuri. Kita tidak menyangka tahun ini bisa berangkat haji, karena sudah 2 tahun tertunda akibat dampak dari wabah corona virus," kata Wabup Sulaiman. 

Menyikapi rasa sukur itu, sebut Wabup seluruh  peserta manasik haji hendaknya dapat mengikuti kegiatan manasik dengan sebaik-baiknya. Sebab, kata Wabup, bimbingan manasik ini merupakan tuntunan dalam melaksanakan ibadah haji.

"Ambil ilmu yang diberikan oleh narasumber, sebab manasik ini merupakan bagaimana tata cara ibadah haji sesuai dengan syariat Islam," tandas Wabup. 

Kakan Kemenag Rohil H Naini SAg mengatakan pelaksanaan manasik haji ini di tanggung pemerintah daerah. Kemenag Rohil, sebut Naini, juga akan melaksanakan manasik di  Bagan Batu, Bagasinembah, dan Tanah Putih  pada 28 hingga 29 Mei.

"Kemudian akan dilaksanakan lagi manasik haji tingkat kabupaten pada 2 atau 3 juni 2022 mendatang. Jadi calon jamaah haji ini akan mengikuti manasik sebanyak 3 kali," jelasnya. 

Disampaikan Naini, ada 129 jamaah yang akan berangkat, dan 25 jamaah cadangan. Jamaah cadangan tersebut memang sengaja diikutsertakan dalam kegiatan manasik. Hal ini katanya, untuk mengantisipasi adanya kemungkinan jamaah yang batal berangkat karena berbagai hal seperti sakit maupun lainnya. 

"Kami berpesan agar jemaah menjaga kesehatan sehingga kegiatan manasik ini bisa diikuti dengan baik, perbanyak bersyukur bisa berangkat tahun ini," terang Naini. 

Panitia Manasik Haji 1443 H, Hasbullah menyampaikan kegiatan manasik haji tingkat Kabupaten Rohil merupakan kegiatan rutin, yang dilaksanakan setiap tahun yang dibiayai  APBD.

"Manasik haji ini diikuti 154 Hamzah,  terdiri dari 129 jamaah berangkat, dan 25 jamaah cadangan. Jamaah termuda berusia 21 tahun, dan tertua 65 tahun," kata Hasbullah. (amran)