UNRI Kampus Pertama di Riau yang Miliki Pojok Statistik

Kamis, 19 Mei 2022

BANGKINANG, Riautribune.com - Universitas Riau (UR) resmi menjadi kampus pertama di Provinsi Riau memiliki pojok statistik yang diresmikan oleh Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) RI Margo Yuwono, Kamis.

Kepala BPS RI Margo Yuwono memaparkan tentang pentingnya data statistik dalam memahami kondisi riil daya saing bangsa dan tentang dalam tuntutan modernisasi pengumpulan data statistik.

“Data statistik dapat digunakan sebagai ukuran dalam menilai keunggulan kompetitif yang dimiliki suatu wilayah, serta kemampuan suatu wilayah dalam memobilisasi berbagai sumber daya yang ada,” jelasnya

Acara yang dihadiri unsur pimpinan Universitas Riau, perwakilan pimpinan perguruan tinggi di Riau, perwakilan mahasiswa itu dikemas dengan kuliah umum bertema “Data Statistik untuk Meningkatkan Daya Saing Bangsa” dipandu Wakil Rektor III UR Iwantono.

“Ini merupakan pojok statistik pertama di Riau dan berdirinya pojok statistik ini merupakan realisasi kerja sama BPS Riau dengan Universitas Riau, Posisi pojok statistik ditempatkan di Kampus FMIPA Universitas Riau,’’ujar Kepala BPS Riau Misfaruddin dalam sambutannya.

Wakil Rektor II UR  Sujianto menyampaikan bahwa statistik merupakan ilmu yang sangat bermanfaat dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat. Bahkan pada saat ini keilmuan statistik semakin menjadi primadona dalam dunia kerja, “Semoga ke depan, bidang statistik ini menjadi jurusan tersendiri di FMIPA Universitas Riau,’’ ucapnya.

Sebelumnya, Dekan FMIPA Universitas Riau Syamsudhuha menjelaskan bahwa pojok statistik tersebut berperan dalam melayani konsultasi statistik dan edukasi statistik bagi mahasiswa dengan harapan dapat mendukung peningkatan pemahaman mahasiswa terhadap statistik.