BTN Dapat Suntikan Rp1,4 T dari JICA Cs untuk Program Sejuta Rumah

Rabu, 18 Mei 2022

JAKARTA, Riautribune.com - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk alias BTN mendapat suntikan dana US$100 juta atau setara Rp1,4 triliun dari Japan International Cooperation Agency (JICA), Citibank Indonesia, dan PT Bank Central Asia Tbk (BCA).

Direktur Utama BTN Haru Koesmahargyo mengatakan dana akan digunakan untuk menyalurkan kredit pemilikan rumah (KPR) non subsidi kepada nasabah kelas menengah ke bawah. Harapannya, hal ini bisa berkontribusi terhadap program satu juta rumah pemerintah.

"Ini merupakan bentuk komitmen dan keseriusan BTN dalam mempercepat pencapaian program sejuta rumah yang dicanangkan pemerintah," ungkap Haru dalam keterangan resmi, Rabu (18/5).

Secara rinci, pinjaman dari JICA sebesar US$60 juta atau Rp840 miliar dengan tenor 5 tahun. Sisanya merupakan pinjaman dari Citibank dan BCA sebesar Rp560 miliar.

Pinjaman ini akan membuat BTN bisa menambah penyaluran KPR non subsidi sebanyak 460 unit rumah per tahun dari 2022-2027 sesuai tenor dari JICA. Sementara targetnya, BTN bisa menyalurkan KPR non subsidi mencapai 43.931 unit rumah sampai akhir tahun ini.

Rencananya, pinjaman akan digunakan untuk KPR bagi generasi milenial dan generasi Z kelas menengah dengan penghasilan di bawah Rp12 juta per bulan.

"Kami intensif menggandeng para pengembang yang membangun hunian yang sesuai dengan selera milenial. Kami juga meracik beragam program KPR yang memudahkan akses para generasi milenial maupun generasi Z seperti aplikasi BTN properti dan program KPR BTN Gaes for Milenial," tutup Haru.