Hadiri HKN ke-51 di Pekanbaru, Wabup Rohil Minta Dilakukan Digitalisasi Kearsipan

Selasa, 17 Mei 2022

Wabup Rohil H Sulaiman SS MH, menghadiri peringatan Hari Kearsipan Nasional ke 51 tahun 2022 di Pekanbaru.

BAGANSIAPIAPI - Wakil Bupati (Wabup) Rokan Hilir (Rohil) H Sulaiman SS MH,  menghadiri peringatan Hari Kearsipan Nasional ke 51 tahun 2022 tingkat Provinsi Riau di Pekanbaru, Selasa (17/05/2022).

Hari Kearsipan Nasional ke 51 tahun 2022 bertema 'Sinergi Kearsipan Untuk Kemajuan Bangsa, Tertib Arsip, Transformasi Digital Kearsipan, Memori Kolektif Bangsa". Hari Kearsipan Nasional diselenggarakan selama tiga hari dari 17-19 Mei diisi dengan berbagai kegiatan seperti City Tour ke Siak Sri Indrapura.

Pada peringatan Hari Kearsipan Nasional ke 51 tahun 2022 di Pekanbaru, Gubernur Riau H Syamsuar memperoleh penghargaan terbaik dalam Pengawasan Kearsipan Nasional Tahun 2022, yang diserahkan langsung oleh Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) Drs Imam Gunarto M.Hum.

Hari Kearsipan Nasional ke 51 juga digelar pameran kearsipan, yang di motori ANRI. Pameran itu menyajikan potensi daerah Riau, serta 12 kabupaten kota, berupa potensi sumber daya alam, kearsipan, sejarah, dan  lainnya. 

Selain pameran, juga ada bazar Usaha Kecil Menengah (UKM) di Riau, sebagai ajang untuk mempromosikan berbagai produk UKM khas Provinsi Riau, peresmian peresmian hibah tanah dari Pemerintah Provinsi Riau kepada pemerintah pusat melalui Arsip Nasional Republik Indonesia

Usai menghadiri berbagai acara itu, Wakil Bupati Rohil H Sulaiman SS MH, menjelaskan bahwa kearsipan adalah penyelenggaraan administrasi atau sistem penatalaksanaan prosedur yang memperlancar surat menyurat teregistrasi dan tersimpan dengan baik. 

Tujuannya, kata Wabup Sulaiman, agar perlindungan arsip terjaga dan tidak hilang atau jatuh ketangan orang yang tidak bertanggung jawab serta disalah gunakan oleh pihak tertentu untuk mencari keuntungan dan kepentingan pribadi. 

Dikatakan Wabup Sulaiman, tata kelola kearsipan sangat penting untuk administrasi yang lebih baik, serta memudahkan kita dalam keperluan mendatang atas perihal suatu peristiwa dan banyak hal lainnya.

"Mudah-mudahan pada momen Hari Kearsipan Nasional yang ke - 51 ini, Rohil khususnya bisa lebih baik lagi dalam hal penyimpanan arsip yang lebih aman,"  kata Wakil Bupati Rohil H Sulaiman, didampingi Kepala Dinas Kearsipan Rohil Hj Fatmawati dan Kabid IKP Diskominfotiks Pemkab Rohil Husnul Yamin. 

Hari Kearsipan Nasional ke 51 tahun 2022 di Pekanbaru juga dihadiri Forkopimda Provinsi Riau,  perwakilan Kementerian, serta provinsi dan daerah tetangga lainnya. (amran/rilis)