Wabup Rohil Terima Kunker Ketua DPRD Kota Payakumbuh

Jumat, 13 Mei 2022

BAGANSIAPIAPI, Riautribune.com - Wakil Bupati Rokan Hilir (Rohil) H Sulaiman SS MH, menerima kunjungan kerja dan silaturrahmi Ketua DPRD Kota Payakumbuh Hamdi Agus, di ruang kerja Wabup Rohil di Gedung Bupati Rohil di Batu Enam, Kamis (12/05/2022).

Turut mendampingi Wabup Rohil H Sulaiman, Kepala Badan Penanaman Modal Daerah (BPMD) Rohil Acil Rustianto, Plt Kadis Kominfotiks Rohil Indra Gunawan SE, Kabid Persandian Diskominfotiks Rohil Dona, dan Kabag Tata Pemerintahan (Tapem) Setda Rohil Nurmansyah S.STP, MSi.  

Pertemuan di ruang kerja itu berlangsung dalam suasana keakraban dan persaudaraan, dengan diskusi serta tanyajawab yang dipandu Wabup Rohil H Sulaiman. 

Wabup Rohil H Sulaiman mengatakan kunjungan Ketua DPRD Kota Payakumbuh Hamdi Agus dimaksudkan untuk saling bertukar informasi.

"Berkaitan dengan inovasi, Pemkab Rohil dalam meningkatkan keterbukaan dan akuntabilitas informasi guna membangun kepercayaan dan dukungan masyarakat dalam pembangunan demokrasi di era digital 4.0," kata Wabup Rohil H Sulaiman.

Pada pertemuan itu, Wabup H Sulaiman juga menyampaikan Pemkab Rohil sedang merancang program layanan internet desa. Namun ada kendala dalam penyediaan (layanan) internet di desa, karena pembiayaannya tidak bisa dialokasikan dari dana desa (DD). 

Sementara Ketua DPRD Kota Payakumbuh Hamdi Agus menyampaikan beberapa aspek, antara lain peningkatan PAD, perizinan elektronik, kegiatan kebudayaan dan religi. Selain silaturrahmi ke Wabup Rohil H Sulaiman, Ketua DPRD Kota Payakumbuh Hamdi Agus juga berkunjung ke Dinas Kominfotiks Pemkab Rohil, di Lantai VII Gedung Bupati Rohil.

"Selain berhubungan dengan inovasi, kunjungan kami ke Dinas Kominfo juga untuk mendapatkan informasi berkaitan penghargaan Peringkat III dari Ombudsman yang diperoleh Pemkab Rohil," ucap Hamdi Agus. 

Selain itu, pihaknya juga ingin mengupayakan bagaimana infrastruktur jaringan internet di Payakumbuh semakin baik. 

“Kami memohon saran dan dukungan, karena kita tahu provider internet berada di Riau. Saat ini, kehadiran command center mempermudah pengawasan Kota Payakumbuh sebagai upaya perbaikan pelayan publik kepada warga," katanya. 

Menanggapi hal tersebut, Kadis Kominfotiks Rohil Indra Gunawan, menjelaskan bahwa Kominfotiks Pemkab Rohil akan terus berinovasi dalam memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan pelayanan publik. 

"Salah satu wujudnya adalah dengan memasang closed-circuit television (CCTV)  yang dipasang tiap sudut Kota Bagansiapiapi dan di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sesuai dengan konsep smartcity," kata Indra.

Selain itu, sebut Indra, Pemkab Rohil juga meluncurkan Aplikasi e-SPPD dan pelayanan pembayaran Retribusi Tower Seluler dan Wifi secara Elektronik (E-Retribusi). Bahkan, baru baru ini, untuk kerjasama media, Kominfotiks meluncurkan aplikasi Simatrik.

Kunjungan dan silaturrahmi Ketua DPRD Kota Payakumbuh Hamdi Agus ditutup dengan kegiatan foto bersama. (amran)