Emilia Nova Jadi Pembawa Bendera Indonesia di SEA Games

Kamis, 12 Mei 2022

JAKARTA - Pelari gawang Emilia Nova akan menjadi pembawa bendera Indonesia di seremoni pembukaan SEA Games 2021 (2022), Kamis (12/5) malam WIB.

Atlet berusia 26 tahun itu menjadi wanita Indonesia pertama yang sebagai 'Flag Bearer' atau pembawa bendera Merah-putih di ajang SEA Games. Emilia merasa hal itu merupakan sebuah kebanggaan.

"Ini jadi sebuah kehormatan dan penghargaan untuk aku sendiri karena nggak semua orang bisa jadi flag barrier apalagi di multievent," kata Emilia.

Peraih medali perak di Asian Games 2018 itu sempat terkejut ketika dipilih oleh kontingen Indonesia membawa bendera Merah-putih. Sebab, ia merasa masih banyak atlet yang lebih layak.

"Aku merasa prestasi atlet lain lebih baik dari aku, tapi dengan aku jadi flag bearer bisa memotivasi atlet yang lain agar berpacu lebih maksimal di ajang internasional dan jadi flag bearer juga di multievent," ujarnya.

Setelah mengetahui dirinya ditunjuk menjadi pembawa bendera, Emilia langsung menghubungi Maria Londa sebagai atlet wanita pertama yang membawa bendera Indonesia di ajang Olimpiade pada 2016 lalu.

"Saya sempat ngobrol [dengan Maria Londa]. Dia bilang enggak susah kok karena sudah ada arahan dan tinggal kibarkan saja," katanya.

Emilia dinilai pantas menjadi pembawa bendera Indonesia dengan segala prestasi yang ada. Ia adalah peraih medali perak di SEA games 2017 dan Asian Games 2018, serta peraih medali emas di SEA Games 2019.

Panitia penyelenggara SEA Games Vietnam 2021 (VIESGOC) sudah mengumumkan aturan parade defile. Setiap negara hanya boleh membawa maksimal 31 partisipan yang terdiri dari CdM, pembawa bendera, atlet, dan ofisial.*