Sidak Kantor BPBD, Wabup Rohil Kecewa Tak Ada ASN Masuk Kantor

Kamis, 12 Mei 2022

BAGANSIAPIAPI, Riautribune.com - Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Rohil belum menunjukkan jati dirinya sebagai pengayom masyarakat. Pasalnya banyak ASN Pemkab Rohil enggan masuk kantor sesuai dengan jam kerja. 

Hal itu menjadi temuan Wakil Bupati (Wabup) Rohil H Sulaiman SS MH, pada beberapa kali inspeksi kebeberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD), termasuk saat melakukan inspeksi ke Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemkab Rohil, Kamis (12/05/2022).

Wabup Rohil H Sulaiman merasa kecewa saat tiba di Kantor BPBD Rohil tersebut. Meski pukul 08.30 Wib, belum ada satu pun Pegawai Negara Sipil (PNS), maupun pegawai kontrak yang masuk kantor. 

"Padahal libur lebaran telah usai, dan setiap ASN wajib masuk kantor. Itu sesuai dengan ketentuan yang berlaku," kata Wabup H Sulaiman.

Meski tidak ada ASN yang masuk kantor, tapi anehnya ada petugas yang jaga, dan anehnya lagi mereka mengaku sebagai petugas dengan istilah sebagai petugas CS (customer service), menggenakan pakaian bebas, dan tanpa identitas.  

"Sebagai ASN memang sudah kewajiban masuk kantor di jam kerja, dan melaksanakan tugas sebagai  ASN, serta melayani masyarakat. Sebab mereka digaji negara untuk melaksanakan tugas sebagai ASN. Apalagi, BPBD harus siaga dalam kondisi cuaca panas saat ini terhadap bencana seperti kebakaran hutan dan lahan (karhutla)," ucap Wabup.

Wabup Sulaiman menambahkan  pemantauan kinerja ASN ini terus berlanjut, dan akan dilakukan secara terus menerus dengan melibatkan langsung Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Pemkab Rohil, serta menerima informasi yang ada atas laporan pihak terkait. 

"Hal itu, sebagai upaya peningkatan kesabaran dan kinerja ASN, agar lebih disiplin lagi kedepannya," jelas Wabup. 

Wabup juga mengatakan akan serius dalam menanggapi semua lini yang dianggap akan menjadi persoalan daerah jika diabaikan, salah satunya soal kinerja ASN Rohil. 

"Melalui cara ini saya bisa melihat secara faktual kinerja pegawai. Saya menginginkan setiap pegawai harus disiplin, bahkan kalau perlu berprestasi, dan memiliki integritas, " pungkas Wabup. (amran)