Minum Air Putih Disebut Bisa Membantu Turunkan Berat Badan

Sabtu, 30 April 2022

JAKARTA, Riautribune - Obesitas memunculkan banyak potensi gangguan kesehatan pada penderitanya, sehingga penurunan berat badan perlu dilakukan. Salah satu cara yang dapat membantu menurunkan berat badan adalah dengan mengonsumsi cukup air putih.

Air putih merupakan salah satu zat terpenting bagi tubuh manusia. Air putih membantu mengatur suhu tubuh, menjaga kadar darah, hingga mengangkut nutrisi ke dan dari sel.

Meski air menjadi zat yang paling dibutuhkan, masih banyak orang yang kerap mengalami dehidrasi selama aktivitas hariannya.

Di sisi lain, jumlah orang yang mengalami obesitas atau kelebihan berat badan terus tumbuh. Menurut Laporan CDC pada 2018, lebih dari 73 persen orang dewasa di Amerika Serikat (AS) kelebihan berat badan, dan lebih dari 42 persen hidup dengan obesitas.

Data tersebut bukan kabar baik mengingat obesitas dan peningkatan Body Mass Index (BMI) secara umum dikaitkan dengan serangkaian masalah kesehatan.

Untuk menurunkan berat badan, salah satu faktor utama adalah keseimbangan energi. Dengan kata lain, seberapa banyak kalori yang dibakar dibandingkan dengan seberapa banyak energi yang dikeluarkan.

Kalori yang dikonsumsi tubuh berasal dari makanan dan minuman, sedangkan kalori atau energi yang dibakar adalah hasil dari metabolisme, olahraga, dan aktivitas non-olahraga. Dan pada proses pembakaran tersebut air mengambil peran yang sangat penting.

Alasan pertama air dapat membantu menurunkan berat badan karena air adalah zat yang sepenuhnya bebas kalori. Sehingga mengurangi konsumsi air gula, jus buah, dan minuman lain yang mengandung kalori dapat mengurangi jumlah asupan zat tersebut ke dalam tubuh.

Dilansir dari Live Science, sejumlah penelitian mengatakan meminum air putih dapat meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi rasa lapar.

Hal tersebut dikarenakan bagian perut yang menyebabkan lapar dan haus berbagi jaringan saraf yang sama. Sehingga pemenuhan rasa haus juga dapat sekaligus membuat kenyang.

Dengan demikian rasa kenyang yang terpenuhi tersebut akan membuat konsumsi makanan yang berkalori menjadi lebih rendah, dan menurunkan berat badan secara tidak langsung.

Selain pada konsumsi kalori, olahraga juga berperan dalam mengurangi berat badan. Namun jika Anda kurang konsumsi air putih, aktivitas olahraga akan menjadi lebih singkat karena badan kehilangan cairan secara cepat.

Secara singkat, minuman berkalori, merasa lebih kenyang, dan memungkinkan lebih banyak olahraga berpengaruh pada penurunan berat badan. Dan semua hal tersebut memerlukan kontribusi dari air putih.