Seorang Penjaga Kantor Desa Minas Timur Tewas, Diduga Digorok Orang Tak di Kenal

Sabtu, 30 April 2022

Kanit Reskrim Polsek Minas, AKP Dafris saat melakukan olah TKP pembunuhan seorang penjaga kantor Desa di Kantor Desa Minas Timur, Sabtu 30 April 2022 siang. (Foto: Rizal Iqbal)

SIAK, Riautribune.com - Seorang pria yang merupakan penjaga kantor Penghulu Kampung (Desa) Minas Timur, Kecamatan Minas, Kabupaten Siak, Provinsi Riau, ditemukan tewas tak bernyawa dengan kondisi mengenaskan di ruangan sekretaris Desa (Kerani) pada Sabtu 30 April 2022, pagi.

Kejadian itu sontak menggegerkan warga yang bermukim di sekitar kantor penghulu kampung tersebut. Pasalnya, saat ditemukan, korban dalam keadaan tertelentang di lantai dengan leher nyaris terputus yang diduga digorok oleh orang yang tak dikenal.

Kapolsek Minas Kompol Sawaludin Pane SH melalui Kanit Reskrim Polsek Minas AKP Dafris SH, MH saat ditemui Riautribune.com di lokasi kejadian menjelaskan, pihaknya mendapat informasi dari warga pada pukul 10.30 WIB bahwasanya ada korban diduga pembunuhan di kantor Desa Minas Timur. Mendapati informasi tersebut, tim Reskrim yang dipimpinnya itu langsung menuju ke lokasi kejadian.  

"Setelah mendapati informasi tadi, kita langsung menuju kantor desa Minas Timur ini, dan mendapati korban telah meninggal dunia dengan kondisi dalam keadaan tertelentang di lantai dengan leher nyaris terputus yang diduga digorok menggunakan benda tajam," terang AKP Dafris.

Dari keterangan yang kita peroleh, Korban sudah tidak pulang sejak Jumat 29 April 2022 malam hingga Sabtu ini. Sesampainya orang tua korban di kantor desa Minas Timur, mereka memanggil korban dari luar kantor. Setelah beberapa kali dipanggil tidak ada suara yang menyahut.

"Karena korban tidak menyahut atau menjawab panggilan dari orang tuanya, orangtua korban yang bernama Sarus Sinulingga langsung membuka pintu kantor desa, yang mana pada saat itu hanya tertutup namun tidak terkunci,” ungkapnya.

Saat melangkahkan kaki masuk ke dalam kantor desa, Sarus Sinulingga melihat api berkobar di tangki sepeda Jupiter Z warna biru hitam BM 4211 QQ. Sepeda motor itu milik korban.

“Kemudian Sarus Sinulingga memadamkan api yang menyala di tangki sepeda motor tersebut,” kata dia.

Sarus langsung merasa curiga dan perasaan yang campur aduk. Sarus Sinulingga pun masuk ke dalam ruangan kantor Sekdes (Kerani). Sesampai di sana ia menjerit histeris melihat anaknya sudah meninggal dalam keadaan tidak wajar. Seorang anak muda telentang dengan leher luka menganga seperti habis digorok.

Sambil berteriak histeris Sarus Sinulingga berlari ke warung Sinuhaji yang tidak terlalu jauh dari sana. Ia menceritakan kejadian tersebut bahwa anaknya sudah meninggal dalam keadaan leher nyaris putus digorok.

Mendengar hal tersebut, warga setempat Budianto Ginting bersama-sama dengan Ketua RW Kampung Bukum, Simon Tarigan langsung berlari ke TKP. Mereka pun semua melihat korban di dalam ruangan kerani kantor Penghulu Minas Timur itu.

“Mereka melihat bahwa benar korban tersebut sudah dalam keadaan tidak bernyawa, dengan kondisi leher dalam keadaan usai digorok hampir putus,” kata dia.

Pada pukul 10.45 WIB, personel Polsek Minas mendapat laporan dari warga setempat dan langsung mendatangi serta melakukan olah TKP. Korban tersebut diketahui bernama Dedi Prima Sinulingga.

Personel Polsek Minas telah melakukan olah TKP di seputaran kantor desa Minas Timur bersama tim Inafis dari Polres Siak.

"Saat ini korban kita bawa ke Rumah Sakit Bhayangkara Pekanbaru, guna dilakukan autopsi. Kami mohon Do'anya agar pelaku segera kami ungkap," pungkasnya. (Rizal Iqbal)