Wabup Rohil Tanam Jagung Pada Program Ketahanan Pangan Korem 031/WB

Kamis, 21 April 2022

Wabup Rohil Sulaiman, Dandim Rohil, Waka Polres menanam jagung program Korem 031/WB di Rimba Melintang.

BAGANSIAPIAPI, Riautribune.com - Wakil Bupati Rokan Hilir (Rohil) H Sulaiman SS MH, menanam jagung hibrida pada acara Penanaman Jagung Program Ketahanan Pangan Korem 031/Riau, yang dilaksanakan di Kepenghuluan Lenggadai Hulu, Kecamatan Rimba Melintang, Senin (18/04/2022).

Wakil Bupati Rohil H Sulaiman SS MH, yang hadir mewakili Bupati Rohil Afrizal Sintong, mengapresiasi program ketahanan pangan yang telah dilaksanakan secara serentak diseluruh Kodim se Riau tersebut. 

"Ini juga sesuai dengan target Bapak Presiden bagaimana ketahanan pangan di seluruh wilayah Indonesia bisa berjalan dengan lancar apalagi dalam situasi pandemi Covid-19," kata Wabup H Sulaiman. 

Pemda Rohil, sebut Wabup, juga akan melaksanakan penanaman jagung di Kecamatan Bagansinembah seluas 220 hektar dengan sistem tumpang sari. Kegiatan itu, ucap Wabup, bekerjasama dengan Kodim 0321/Rohil, Polres Rohil, serta Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Pemkab Rohil. 

"Penanaman jagung sistem tumpangsari itu agar terwujud ketahanan pangan, khususnya di wilayah Kabupaten Rohil," ucap Wabup. 

Para petani jagung, harap Wabup jangan ragu menanaman jagung. "Pasarnya ada, dan nilainya juga sangat ekonomis," tutur Wabup. 

Dandim 0321/Rohil Letkol Inf M Erfani turut secara langsung memimpin penanaman jagung seluas lima hektare di Kepenghuluan Lenggadai Hulu. Selain jagung, kata Dandim,  juga ada penanaman semangka seluas lima hektar.

"Program ketahanan pangan iri merupakan program yang digagas Komandan Korem 031/Wirabima. Tahap pertama ini kita melaksanakan program ketahanan pangan penanaman serentak 1.000 hektar untuk jenis-jenis tanaman yang beraneka ragam yang tersebar dari seluruh wilayah Riau," kata Dandim 0321/Rohil Letkol Inf M Erfani. 

Tahap ke dua nanti, sebut Dandim, akan membuka lahan baru diperkirakan seluas 150 hektar. "Kita melanjutkan ketahan pangan yang sudah jalan selama ini. Yang sudah dibina oleh Kodim sebanyak 400 hektar, sehingga total dengan tahap kedua  ini 550 hektar," sebut Dandim. 

Disampaikan Dandim, ada 16 kelompok tani yang saat ini berada dalam pembinaan Kodim Rohil, yang kegiatan pembinaannya dilaksanakan oleh Babinsa dan petugas lapangan DKPP Rohil. Di Kepenghuluan Pekaitan, sebut Dandim, sudah berjalan dua tahun program penanaman padi. 

"Selanjutnya kita merencanakan di daerah Bagan Batu (penanaman jagung) dan jika dinyatakan layak kita akan kembangkan di daerah tersebut," jelas Dandim. 

Kodim 0321 Rohil, kata Dandim, bersama pemerintah daerah, Polri dan masyarakat petani siap mendukung kesuksesan ketahanan pangan yang diluncurkan Korem 031/Wirabima.

"Pelaksanaan ketahanan pangan Korem 031 Wirabima bersama Dinas Pertanian Provinsi Riau berlangsung serentak, secara virtual dan dipimpin Danrem 031/Wirabima Brigjend TNI Parlindungan Hutagalung SAP, dan dihadiri Gubernur Riau H Syamsuar. 

Pelaksanaan program ketahanan pangan di Rohil dihadiri Wabup Rohil H Sulaiman, Wakil Ketua II DPRD Rohil Basiran Nurefendi, Wakapolres Rohil, Kasi Intel Kejari Rohil Yogi Hendra, Kadis KPP Rohil Rusli Syarief, lurah dan penghulu se Rimba Melintang, serta poktan. (amran)