Garuda dan Citilink Siapkan 855 Ribu Kursi Musim Lebaran 2022

Selasa, 19 April 2022

JAKARTA, Riautribune.com - PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk menyediakan 855.119 kursi penerbangan selama periode lebaran yakni antara 25 April hingga 10 Mei mendatang. Kapasitas tersebut merupakan gabungan antara rute domestik dan internasional.

Maskapai penerbangan pelat merah tersebut akan mengerahkan beberapa pesawat berbadan lebar seperti Airbus A330-300 dan A330-200 dengan kapasitas 288 ribu kursi.

Citilink, anak perusahaannya, bahkan akan menggunakan armada Airbus A320-200 dan ATR 72-600 dengan kapasitas mencapai 566 ribu kursi.

Rute penerbangan yang akan dioptimalisasikan didominasi oleh keberangkatan asal Jakarta dengan tujuan di berbagai kota di Pulau Jawa hingga Kalimantan.

Rute-rute tersebut antara lain Jakarta-Denpasar, Jakarta-Surabaya, Jakarta-Medan, Jakarta-Jogja, Jakarta-Padang, Jakarta-Pontianak, Jakarta-Solo, Jakarta-Banjarmasin, Jakarta-Semarang hingga Jakarta-Balikpapan.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan kebijakan ini dilakukan guna memberikan kelancaran mobilisasi masyarakat yang menggunakan transportasi udara sebagai pilihan pulang kampung tahun ini.

"Untuk itu penting bagi kami untuk memastikan layanan penerbangan yang aman dan nyaman untuk momen khusus ini dapat terjaga dengan baik yang tentunya turut diselaraskan dengan konsistensi penerapan protokol kesehatan pada seluruh lini operasional," kata Irfan dalam keterangan resmi, Selasa (19/4).

Dengan momentum lebaran tahun ini dan diizinkannya perjalanan mudik, Irfan optimistis trafik penumpang akan meningkat hingga 35 persen. Pihaknya akan terus berkoordinasi dengan berbagai pemangku kepentingan untuk memastikan arus mudik yang lancar.

"Kami akan terus memantau situasi dan perkembangan kebutuhan penerbangan masyarakat untuk memastikan layanan penerbangan dapat senantiasa terpenuhi, " ucapnya.