Kabinda Riau: Situasi Politik di Riau Sangat Dipengaruhi Kearifan Lokal

Selasa, 19 April 2022

PEKANBARU, Riautribune.com - Kepala Badan Intelijen Nasional Daerah (Kabinda) Provinsi Riau Brigjen TNI Amino Setyo Budi menurutkan bagaimana, dan potensi kondisi politik di Riau menjelang Pemilu 2024.

“Jujur kalau Riau saya bilang, kondisi politiknya sangat dipengaruhi oleh kultur dan kearifan lokal. Riau ini adem ayem. Kearifan lokal di Riau sangat teruji di mata kami orang telik sandi,” katanya di Pekanbaru, Selasa (19/4/2022).

Meski demikian, gejolak akibat dampak dari dinamika politik memang ada. Namun, pihak internal tetap akan melakukan pemantauan secara intens agar tidak terjadi gejolak yang di luar ambang batas.

Brigjen TNI Amino menuturkan, memang di setiap daerah kondisi dan situasi politik tak bisa disamaratakan. Secara umum publik juga sudah bisa menilai daerah di belahan mana yang memang selalu bergejolak dengan hadirnya isu-isu politik.

“Saya mengakui bahwa di Riau kondisinya sangat berbeda. Daerah-daerah tertentu itu memang tidak seperti Riau. Kalau di sini lebih cenderung memang kearifan lokal yang diangkat. Kami memastikan pesta demokrasi di Riau 2024, akan tetap aman,” tuturnya.