Bulan Ramadhan, Pedagang Air Tebu Panen Rezeki

Kamis, 14 April 2022

BAGANSIAPIAPI, Riautribune.com - Sugar cane juice atau air tebu murni banyak dikonsumsi sebagai minuman untuk berbuka puasa di saat bulan Ramadan. Rasa air tebu memang menyegarkan, apa lagi jika dalam keadaan dingin. Sejuk dan manisnya air tebu terasa segar membasahi tengorokan. 

Air terbu murni juga bermanfaat, antara lain merawat kesehatan kulit, menjaga kepadatan tulang, menurunkan kolesterol, membantu agar tidur lebih nyenyak, mengendalikan tekanan darah, memperkuat daya tahan tubuh, bermanfaat untuk ginjal, dan sebagai pengganti gula pasir yang mengandung zat kimia. 

Selain itu,  air tebu murni juga mengandung kalori, gula, dan serat, serta vitamin A, B1, B6, C, dan E, dan mineral seperti kalium, kalsium, fosfor, dan zat besi. 

Di Bagansiapiapi, pedagang air tebu murni banyak dijumpai. Pada bulan Ramadan 1443 H/2022 para pedagang air tebu murni turut panen rezeki. Omset penjualan mereka meningkat.

"Alhamdulillah da peningkatan dari hari biasanya. Rata-rata 30 bungkus, serta sekitar 15 botol air tebu murni terjual," kata Evi,  pedagang air tebu murni tak jauh dariMasjid Al-Ikhsan, Jalan Pahlawan, Rabu (13/04/2022).

Pada bulan ramadan ini, kata Evi, mulai berjualan dari pukul 16.00 Wib, sampai setelah berbuka. "Tapi hari biasa mulai jualan pukul 10.00 Wib sampai sore hari," ucap Evi. 

Pedagang air tebu murni lainnya, Erna, yang berdagang beberapa puluh meter dari penempatan Jalan Siak, juga mengatakan ada peningkatan omset penjualan pada bulan ramadan. 

"Pembeli juga lebih ramai. Baru dua jam buka sudah 30-an botol terjual," kata Ibu Erna.

Harga jual air tebu murni Ro 5.000 per botol, sedangkan yang dibungkus menggunakan kantong plastik Ro 3.000 per bungkus. Harga air tebu murni botol air mineral, dan bungkus itu sama dengan harga jual dipedagang air tebu  murni lain. 

"Kebanyakan yang beli ibu-ibu, mereka beli pakai botol untuk di bawa pulang, untuk minuman berbuka puasa," ucap Erna. (amran)