Polsek Bangko Adakan Vaksinasi Di Masjid Agung Al-Ikhlas

Senin, 11 April 2022

Warga mendatangi pos vaksinasi Polsek Bangko yang mengelar vaksinasi di Masjid Agung Al-Ikhlas Bagansiapiapi usai solat tarawih. (Foto: Amran)

BAGANSIAPIAPI, Riautribune.com - Polsek Bangko, Polres Rokan Hilir (Rohil) melaksanakan vaksinasi Covid-19 di Masjid Al-Ikhlas, Bagansiapiapi, Minggu malam (10/4/2022). 

Vaksinasi dilaksanakan usai solat tarawih, dan merupakan malam ke dua pelaksanaan vaksin di masjid termegah di Rohil itu. 

Warga yang divaksin datang ke tenda tempat pelaksanaan vaksi di halaman masjid. Tidak saja jamaah masjid yang datang minta divaksin, tapi juga ada dari masyarakat umum, keluarga Polri, serta warga Tionghoa. 

Kapolres Rohil AKBP Nurhadi Ismanto SIK MH, melalui Kapolsek Bangko AKP Dedi Susanto SH, mengatakan dari gelar razia dan vaksinasi yang dilaksanakan dari hari Sabtu-Minggu (9-10/04/2022), lebih dari 500 warga sudah divaksinasi. 

"Sejak kemarin kita melaksanakan vaksinasi di empat tempat, termasuk di Masjid Al-Ikhlas ini, lebih dari 500 warga yang sudah divaksin. Sebagian besar mereka vaksin ketiga, atau vaksin boster," kata Kapolsek Bangko AKP Dedi Susanto, disela pelaksanaan vaksinasi.

Pelaksanaan vaksinasi di masjid ini, kata Kapolsek dilakukan tanpa penyekatan, sebagai mana pada razia vaksin yang dilaksanakan siang hari. Warga masyarakat,  ucap Kapolsek, dengan kesadaran datang ke masjid minta untuk divaksin. 

"Tadi siang vaksinasi di Polsek juga begitu. Masyarakat ramai datang dengan kesadaran perlu divaksin," ucap Kapolsek. 

Pelaksanaan vakainasi di tempat ibadah pada malam hari, jelas Kapolsek, agar masyarakat yang tidak dapat melakukan vaksinasi, disebabkan menjalankan ibadah pada siang hari,  dapat melakukan vaksinasi pada malam harinya.

"Pemberian vaksinasi kepada masyarakat pada siang dan malam hari seperti ini sebagai pelayanan prima Polsek Bangko bagi masyarakat yang belum vaksin. Kami berharap kegiatan ini bermanfaat bagi masyarakat Bagansiapiapi yang belum di vaksin, baik vaksin satu, dua dan tiga," terang Kapolsek. 

Kegiatan vaksinasi malam hari di tempat-tempat ibadah seperti di Masjid Al-Ikhlas ini, tambah Kapolsek, akan dilanjutkan pada malam berikutnya, dengan lokasi vaksin akan diseleksi. 

"Kegiatan vaksinasi di malam hari di tempat ibadah ini akan kita lanjutkan. Tempatnya kita seleksi di masjid yang masyarakatnya banyak tidak vaksin," jelas Kapolsek. 

Vaksinasi yang dilaksanakan Polsek Bangko masih ditujukan kepada lanjut usia dan dewasa. Vaksinasi boster, ucap Kapolsek merupakan syarat untuk mudik pada Idul Fitri 1443 H/2022. 

"Untuk yang akan mudik, syaratnya harus sudah divaksin boster, sebagai mana yang diarahkan Presiden. Sebab itu vaksinasi ini kita laksanakan untuk membantu masyarakat agar bisa mudik," tandas Kapolsek. (Amran)