Pemko Pekanbaru Siap Tampung Pengungsi Rohingya dari Aceh

Selasa, 29 Maret 2022

Kepala Kesbangpol Kota Pekanbaru Zulfahmi Adrian

PEKANBARU, Riautribune.com - Rencana pemindahan pengungsi Rohingya ke kota Pekanbaru, sudah diketahui oleh Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru.

Dari hasil rapat yang diadakan bersama Forkopimda pada Senin kemarin (28/3/2022), Kepala Kesbangpol Kota Pekanbaru, Zulfahmi Adrian yang akrab dipanggil Zoel, mengatakan Pemko bersedia menampung para pengungsi warga Myanmar tersebut.

"Kita sudah menerima surat tentang itu, dan sudah kita rapatkan bersama Forkopimda. Prinsipnya kita menerima pengungsi yang saat ini berada di Aceh," jawab Zoel pada Selasa (29/3/2022).

Pemko Pekanbaru saat ini menunggu kunjungan dari Kemenpolhukam RI, terkait tindak lanjut persiapan menyambut para pengungsi tersebut. Namun, Pemko belum menyiapkan lokasi penampungan dan hal-hal lain yang dibutuhkan oleh pengungsi.

"Lokasi kita belum ada memang. Kita menunggu kunjungan dari Kemenpolhukam hari Kamis besok, saat itu akan kita perdalam lagi, bagaimana persiapannya," jelas Zoel.

Ia mengatakan para pengungsi akan mendapatkan lokasi yang sama, tapi terpisah dari para pengungsi yang sudah ada di Pekanbaru. Hal ini untuk memudahkan Pemko Pekanbaru melakukan pemantauan.

"Kalau tidak salah ada 155 orang pengungsi, kita akan lokasikan di tempat yang sama. Supaya bisa kita pantau," tutup Zoel. (Reynold)