Ketua MPR: Perilaku Pemimpin Harusnya Sesuai Dengan Nilai Pancasila

Ahad, 08 Mei 2016

Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan.(internet)

JAKARTA-riautribune: Ketua MPR RI Zulkifli Hasan mengatakan 18 tahun Reformasi bergulir sudah banyak kemajuan dirasakan bangsa Indonesia, meski diakui hal itu baru secara prosedur demokrasi belum secara etika.

Hal itu disampaikannya dalam Sosialisasi Empat Pilar di hadapan ribuan warga Muhammadiyah di Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah (Minggu, 8/5).

Dalam kesempatan itu, Zulkifli mengutip pernyataan Proklamator Soekarno yang mengatakan bahwa pada intinya Pancasila adalah kasih sayang. Cinta kasih antara manusia Indonesia. Inti Pancasila dari Bung Karno adalah kekeluargaan.

"Jadi Pancasila adalah kasih sayang kekeluargaan. Pancasila pun mempunyai inti yang lain yakni gotong royong dan musyawarah mufakat. Inti-inti Pancasila itulah yang harus menjadi pegangan dan prilaku kita," jelasnya.

Zulkifli berharap agar masyarakat tidak meniru partai politik yang kerap ribut terus menerus. Untuk itu, Pancasila harus menjadi budaya bangsa Indonesia.

Karena itu, lanjutnya, setiap pemimpin harus menerjemahkan Pancasila dalam setiap kebijakan dan perilaku. Setiap kepala daerah harus berbuat sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

"Jadi, tidak bisa kepala daerah menggusur rakyatnya tanpa musyawarah dan mengabaikan nilai-nilai kemanusiaan. Selain itu kepala daerah tak boleh mengambil sikap yang membuat bangsa ini mengalami perpecahan," tegas Zulkifli. [wah]