Mulfachri: Safari Kebangsaan Ketum PAN, Bukan Untuk Muluskan Zulhas di Pilpres 2019

Ahad, 08 Mei 2016

Ketua Fraksi PAN DPR Mulfachri Harahap.(internet)

JAKARTA-riautribune: Ketua Fraksi PAN DPR Mulfachri Harahap merasa bersyukur Safari Kebangsaan Merajut Kebhinekaan yang digelar selama tiga hari di Serang, Purwakarta dan Cirebon berjalan dengan lancar.

"Kami berhasil menggerakan segenap potensi kader PAN, baik pusat dan daerah untuk bersama-sama secara langsung terjun mendengarkan, merasakan dan menyimpulkan aspirasi masyarakat di setiap daerah yang dikunjungi," kata Mulfachri yang juga Waketum PAN di sela-sela mendampingi Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, Minggu (8/5).

Mulfachri menampik acara safari kebangsaan yang digelar bernuansa politik untuk mendukung Zulkifli sebagai kandidat presiden 2019.

"Bukan itu tujuannya. Kami memiliki dua alasan utama dalam menjankan safari kebangsaan ini. Pertama adalah tanggung jawab moral PAN sebagai bagian dari bangsa dan negara untuk mensosialisasikan pilar kebangsaan kepada masyarakat," katanya menegaskan.

Alasan kedua, sebagai entitas politik, tentu PAN memiliki kemampuan dan sejumlah sumber daya untuk ikut dalam menyelesaikan sejumlah permasalahan yang ditemukan selama safari kebangsaan.

"Tentu sebagai pimpinan Fraksi di DPR, saya bisa mengkoordinasikan anggota-anggota kami lintas komisi dan kader-kader kami di DPR dan DPRD untuk terlibat secara langsung menyelesaikan masalah yang ada. Ini terobosan baru bagi PAN untuk menjawab permasalahan di masyarakat yang sangat kompleks," ujar Mulfachri.

Seperti diketahui, PAN menggelar Safari Kebangsaan Merajut Kebhinekaan Lintas Pulau Jawa selama 4-14 Mei 2016. Sedang beberapa kota yang akan menjadi tujuan kegiatan ini antara lain Serang Banten, Purwakarta, Cirebon, Pekalongan, Semarang, Solo, Bojonegoro, Surabaya dan Malang.

Safari melibatkan sejumlah unsur kader partai PAN hingga ketua umum. Dalam pemberitaan sebelumnya, PAN juga berkomitmen untuk menggelar safari ini keseluruh wilayah Indonesia.

Rombongan DPP PAN yang menyertai Zulkifli Hasan antara lain Ketua Fraksi PAN DPR RI Mulfachri Harahap, Wakil Ketua DPR RI Taufik Kurniawan, Sekjen PAN Eddy Soeparno, Bendum PAN Nasrullah,  Sekretaris FPAN  DPR RI Yandri Susanto, Anggota DPR RI Riski Sadig, Teguh Juwarno para pengurus DPP PAN Azis Subekti, Wasekjen Soni Sumarsono.(rmol/rt)