HUT Satpol PP ke-72, Bupati Berharap Satpol PP Dapat Bekerja Sesuai SOP

Rabu, 16 Maret 2022

Bupati Afrizal Sintong melakukan inspeksi pasukan pada HUT Satpol PP, Linmas dan Damkar, didampingi Kakan Satpol PP dan Linmas Syaf Nurizal. (Foto: Amran)

BAGANSIAPIAPI, Riautribune.com - Bupati Rohil Afrizal Sintong bersama Wakil Bupati Rohil H Sulaiman, menghadiri upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) ke 72 Tahun 2022 Tingkat Kabupaten Rohil, Rabu (16/03/2022) yang diadakan di halaman Kantor Dinas Satpol PP Pemkab Rohil. 

Upacara HUT Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) ke 72 Tahun 2022, disejalankan dengan HUT Satuan Perlindungan Masyarakat (Sat Linmas) ke-60 Tahun 2022, dan HUT Pemadam Kebakaran (Damkar) ke-103 Tahun 2022.

Bupati Rohil Afrizal Sintong, yang bertindak sebagai inspektur upacara menyampaikan selamat kepada Satpol PP,  Damkar dan Linmas yang berulang tahun pada 2022 ini. 

"Kami atas nama Pemkab Rohil berharap  seluruh Satpol PP dapat bekerja dengan sebaik-baiknya, dalam mengamankan aset-aset milik Pemkab Rohil, mengamankan  dan menegakkan Peraturan Daerah (Perda),  serta Peraturan Bupati (Perbup)," kata Afrizal Sintong.  

Selain itu, Bupati juga menyampaikan harapan kepada Satpol PP dalam melaksanakan tugas harus berpedoman pada Sistim Operasional Prosedur (SOP) yang ada, dan cukup melakukan pengamanan.

"Tunggu perintah atau komando. Jangan ada perlawanan terhadap mahasiswa dan masyarakat kita. Apa lagi kemarin (kedatangan mahasiswa dan masyarakat Sinaboi terkait kasus tanah di DPRD Rohil) kita tidak ada menginginkan terjadinya hal-hal yang tidak kita inginkan. Terjadi bentrok fisik, dorong-dorong bersama mahasiswa dan masyarakat kita. Ini tidak boleh terjadi lagi di kemudian hari, " jelas Bupati.  

Harapan lain kepada Satpol PP yang bertugas mengamankan aset daerah, mengamankan peraturan daerah, juga Peraturan Bupati, sebut Afrizal,  perlu kerja sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan, sehingga tidak terjadi sesuatu, seperti bentrok fisik dan hal lain yang tidak diinginkan, yang bisa mencorengkan nama baik Satpol PP. 

"Perlu kami tegaskan, seluruh pekerjaan itu ada standar operasional prosedurnya. Tunggu perintah jangan ada perlawanan-perlawanan, dan juga kita disaat yang sama perlu juga mengamankan seluruh aset Pemkab Rohil," jelas  Bupati Afrizal. 

Kepada Satuan Pemadam Kebakaran (Damkar), Bupati Afrizal Simtong menyampaikan harapan agar berhati-hati dalam bekerja. Apa lagi, sebutnya, Bagansiapiapi ini merupakan daerah yang rawan kebakaran. 

"Kerawanan ini yang perlu kita antisipasi dan bekerjalah sebaik-baiknya, serta semoga menjadi amal ibadah untuk kita semua. Begitu juga harus waspada banjir. Apalagi bulan empat ini biasanya banjir. Bagai mana nanti kepala-kepala bagian bisa mengatasi hal ini, yang mana ini merupakan tugas kita bersama," terang Bupati.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Kantor Satpol PP dan Linmas Pemkab Rohil Syaf Nurizal, menyampaikan harapan kedepan Satpol PP dapat lebih profesional dalam melaksanakan kerja, efektif, mengedepankan perlindungan hukum, humanis, serta tidak arogan dalam melaksanakan kerja. 

"Serta sebagai mana disampaikan Pak Bupati,  agar Satpol PP bekerja dengan baik dan sesuai dengan SOP, " tandasnya. (Amran)