Angka Covid-19 di Kuansing Meningkat, Total Capai 5.969 Kasus

Selasa, 15 Maret 2022

Juru Bicara Penanganan Covid-19 Kuansing, Dr. Agus Mandar, Pimpin Sholat Jenazah Terhadap Salah Satu Pasien Covid-19 Kuasing yang Meninggal Dunia. (Foto: Okta Prayuza)

KUANSING, Riautribune.com - Kasus harian penyebaran Covid-19 di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) terus meningkat. Kasus Covid-19 per 13 Maret 2022 telah tembus di angka 5.969 kasus. 

Sementara itu, untuk kasus meninggal dunia akibat Covid-19 ada 166 orang. Kebanyakan mereka yang meninggal disebabkan karena belum vaksin, lansia dan komorbid. 

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kuansing, Jafrinaldi mengatakan, saat ini ada 193 orang positif Covid-19 yang isolasi mandiri dan 18 pasien Covid-19 yang tengah menjalani perawatan di rumah sakit.

"Kasus yang dinyatakan sembuh mencapai 5.592 orang," kata Jafrinaldi.

Dikatakan Jafrinaldi, kenaikan kasus ini disebabkan tingginya mobilisasi masyarakat dan longgarnya penerapan protokol kesehatan.

"Makanya kita mengimbau masyarakat agar tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan," kata Jafrinaldi.

Selanjutnya menurut Jafrinaldi, kenaikan kasus Covid-19 ini juga diimbangi angka kesembuhan yang tinggi. Data tanggal 13 Maret terdapat penambahan 11 kasus terkonfirmasi Covid-19. 

"Kabar baiknya terdapat penambahan 5 kasus yang dinyatakan sembuh," ucap Jafrinaldi.

Sementara Juru Bicara Penanganan Covid-19 Kuansing, Dr. Agus Mandar mengatakan terdapat penambahan kasus positif Covid-19 yang meninggal dunia. Pasien berinisial (Ny. Dr) warga Kopah Kecamatan Kuantan Tengah.

"Pasien berumur 71 tahun dan sudah dua kali vaksin. Hasil swab 1 dan 2 dinyatakan positif Covid-19 tanggal 9 Maret lalu," tambah Jafrinaldi.

Pasien dinyatakan meninggal kata Agus Mandar, sekira pukul 21.05 WIB di RSUD Telukkuantan dihadapan dokter dan perawat.

"Untuk pemakaman, keluarga bersedia untuk dimakamkan secara protokol Covid-19," tutup Jafrinaldi. (Okta Prayuza)