Ayat Cahyadi Ajak Warga Berikhtiar Agar Covid-19 di Bulan Ramadan Terkendali

Senin, 14 Maret 2022

Wakil Wali Kota Pekanbaru Ayat Cahyadi

PEKANBARU, Riautribune.com - Penerapan PPKM level 3 di Kota Pekanbaru berakhir pada Senin, 14 Maret 2022. Pemerintah daerah telah melakukan penerapan selama dua pekan terakhir.

Wakil Walikota Pekanbaru, Ayat Cahyadi mengajak masyarakat untuk ikhtiar serta berusaha bersama satgas agar Kota Pekanbaru kembali ke PPKM level 1, dimana sebentar lagi memasuki bulan suci Ramadan sehingga bisa lebih optimal beribadah dan bersilaturahmi.

"Mohon dukungan seluruh masyarakat, bersama kita bisa mengendalikan Covid-19. Sebentar lagi Ramadan ya, mari sama sama terus ikhtiar dan juga doa," ujarnya pada Senin (14/3/2022).

Ia mengatakan bahwa cakupan vaksin Covid-19 hingga saat ini sudah hampir menyeluruh, dimana tim satgas telah berupaya keras agar capaian vaksin dosis kedua menyentuh titik 70 persen.

Berdasarkan informasi yang di dapatkan dari Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) kota Pekanbaru, dr Zaini Rizaldy Saragih yang menyebutkan bahwa Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pekanbaru, hingga kini masih mengejar target vaksinasi dengan tiga prioritas utama, yakni warga lanjut usia, dosis kedua dan anak usia 6-11 tahun.

"Prioritas kita itu lansia mengejar 70 persen, kemudian vaksinasi dosis kedua bagi yang selesai vaksin pertama," kata dr Zaini.

Ia mengatakan, warga yang belum vaksin kedua, apabila terlambat 6 bulan maka vaksin pertama akan menjadi sia-sia. Peserta vaksin harus mengulang vaksin dari awal.

"Karena setelah 6 bulan (efek vaksinasi) akan dianggap hangus. Harus mulai dari awal," tutup dr Zaini. (Reynold)