Jokowi Sudah Bersikap, Faldo Minta Publik Setop Usul Tunda Pemilu

Senin, 07 Maret 2022

JAKARTA, Riautribune.com - Staf Khusus Menteri Sekretaris Negara Faldo Maldini meminta semua pihak menyetop wacana soal penundaan Pemilu 2024. Dia mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menyatakan sikap tentang wacana itu.

Faldo membantah pihak-pihak yang menyebut sikap Jokowi tak tegas tentang penundaan pemilu. Menurutnya, pihak-pihak itu sedang berimajinasi.

"Saya kira tidak perlu dikembang-kembangkan lagi. Presiden sudah jelas bersikap. Jangan sampai ada yang bikin imajinasi, kaget sama imajinasinya, terus marah sama imajinasinya sendiri. Kan aneh," kata Faldo melalui keterangan tertulis, Senin (7/2).

Faldo mengajak semua pihak untuk memandang isu tersebut dalam kerangka bernegara. Dia berkata bernegara tidak bisa semau-maunya elite politik.

Jokowi, ucapnya, telah menegaskan hal itu dalam berbagai pernyataan. Dia menilai pernyataan Jokowi lugas dan tak bersayap.

"Statement Presiden sudah diucapkan, berarti sudah dapat dipahami. Tidak usah otak-atik gatuk," tandasnya.

Sebelumnya, sejumlah elite politik mengkritik sikap gamang Jokowi tentang wacana penundaan Pemilu 2024. Mereka menduga ada niat lain di balik sikap Jokowi itu.

Wakil Sekretaris Jenderal DPP Partai Demokrat Jansen Sitindaon menyebut sikap Jokowi kali ini berbeda dengan sikap pada 2019.

"Satu kalimat saja dari saya: kurang tegas pernyataan Presiden menolak perpanjangan atau penundaan pemilu ini. Beda dengan tiga periode kemarin yang sampai bawa-bawa 'menampar muka saya ini' dan lain-lain," ungkap Jansen saat dihubungi, Senin (7/3).